Kamis, Oktober 24


Jakarta

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menumpangi Lexus LM 350h di hari pelantikannya. Apakah mobil ini dilapisi antipeluru?

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menggunakan mobil berbeda saat pelantikan. Prabowo duduk di kabin MV3 Garuda Limousine yang digarap PT Pindad. Sementara Gibran menggunakan Lexus LM 350h buah karya produsen mobil premium Jepang, Lexus.

Kendaraan yang digunakan petinggi negara umumnya sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi. Mobil Prabowo misalnya memiliki fitur keamanan di seluruh area kendaraan. Mobil ini memiliki body dengan material composite armor. Bodi mobil memiliki ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan kaliber 5,56 x 45 mm M193.


Tak cuma itu, kaca mobil juga antipeluru dengan level B5/B6. Untuk mendukung keamanan, ban mobil hadir dengan teknologi Run Flat Tyre (RFT) berukuran 21 inci. Dengan RFT, jika ban diserang musuh dan mengalami kebocoran, mobil masih aman digunakan untuk evakuasi.

Lalu bagaimana dengan mobil yang ditumpangi Gibran? Apakah memiliki fitur serupa? Diketahui, Lexus LM 350h tak dibekali dengan fitur antipeluru.

“Kami hanya menjual Lexus LM dengan spesifikasi umum. Terkait dengan penambahan fitur antipeluru dan fitur lainnya, kami serahkan ke pihak pemerintah,” jelas General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma kepada detikOto, Rabu (23/10/2024).

Lexus LM 350h merupakan MPV mewah yang diposisikan di atas Toyota Alphard. Lexus LM 350h ini membawa platform, mesin, hingga teknologi yang serba baru. Untuk urusan mesin, Lexus LM 350h membawa mesin hybrid berkapasitas 2.5 liter 4 silinder segaris yang diklaim lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Mesin tersebut bisa menyemburkan tenaga sebesar 247 daya kuda.

Mobil memiliki kecepatan maksimal 190 km/jam. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 9,1 detik. Bicara fitur, Lexus LM350h sudah dilengkapi dengan Lexus Safety System+3. Beberapa fitur di Lexus LM350h di antaranya airbag surrounding SRS, sistem pengereman brake assist dan electronic brake distribution. Terdapat pula blind spot monitor disertai dengan safety assist.

Soal harga, model mobil yang ditumpangi Gibran itu punya 2 versi. Lexus LM350h versi 4-seater dibanderol Rp 2,6 miliaran sementara versi 7-seater sedikit lebih murah yaitu Rp 2,1 miliaran.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version