Senin, Juli 8


Jakarta

Dunlop menyuplai ban Enasave EC300+ dan SP Sport Maxx 050 untuk Kijang Innova Zenix. Apa keunggulan dua jenis ban itu?

Ban belakang Kijang Innova Zenix tengah menjadi sorotan. Beberapa pengguna Kijang Innova Zenix mengeluhkan mengalami pecah ban belakang kanan saat mobil tengah berjalan. Toyota kemudian melakukan penelusuran atas insiden itu.


Penelusuran dilakukan bersama produsen Dunlop yang menyuplai ban untuk Kijang Innova Zenix. Dari hasil investigasi ditemukan dinding samping ban belakang kanan rusak tergilas antara velg dengan permukaan jalan.

“Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena ban mengalami kekurangan tekanan angin, bisa jadi karena terkena benda asing ketika perjalanan sehingga tekanan ban terus berkurang sampai kempis hingga velg (rim) kena permukaan jalan. hal ini lah yang mengakibatkan dinding samping ban terpotong secara melingkar,” jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi.

Sebagai informasi, Dunlop memang menyediakan produk Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk Kijang Innova Zenix. Ada dua tipe ban yang disediakan Dunlop untuk Kijang Innova Zenix. Pertama ada Enasave EC300+ dan kedua SP Sport Maxx 050.

Dalam laman resminya, Enasave EC300+ digunakan pada Kijang Innova Zenix bensin dan hybrid tipe V. Sedangkan tipe Q menggunakan SP Sport Maxx 050. Masing-masing ban tentu memiliki keunggulan tersendiri.

Enasave EC300+ diklaim memiliki umur pakai panjang. Ini karena tekanan kontak terdistribusikan secara merata ke seluruh permukaan telapak, sehingga dapat memperbaiki tingkat keausan. Enasave EC300+ juga lebih hemat bahan bakar karena desain 4 rib meningkatkan kekakuan telapak, mengurangi keausan bahkan di poros belakang.

Enasave EC300+ juga menggunakan polimer multi-fungsi yang bisa meningkatkan ikatan antara silika dan polimer, mencegah pembentukan panas yang tidak perlu sehingga mengurangi hambatan gulir. Keunggulan terakhir adalah jointless full nylon band yang bisa menjaga posisi steel belt tetap pada tempatnya pada segala kondisi.

Dunlop SP Sport Maxx 050 diklaim memiliki pengendalian yang baik dalam segala situasi. Ban mobil ini juga memiliki rating kecepatan yang tinggi, tahan lama, dan optimal untuk di jalan basah ataupun kering.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version