Kamis, Juli 4


Jakarta

Jakarta masuk ke dalam daftar tiga besar destinasi paling stressful di dunia. Padahal, sebelumnya Jakarta masuk 10 besar best in travel 2024 dari Lonely Planet.

Jakarta disebut sebagai dambaan wisatawan dengan bukti masuk dalam daftar 10 Best Cities to Visit in 2024 versi Lonely Planet. Majalah perjalanan terkemuka asal Amerika Serikat (AS) itu menempatkan Jakarta pada urutan ke tujuh dari 10 kota terbaik untuk traveling dari seluruh dunia. Bahkan, melampaui Praha, Izmir, dan Kansas City.

Lonely Planet konsisten menerbitkan daftar tersebut setiap tahunnya. Selain itu, dalam mengurutkan daftar, Lonely Planet melibatkan lebih dari 200 pakar perjalanan dan penulis perjalanan.


“Survei Setiap tahun kami mensurvei seluruh anggota keluarga Lonely Planet, yang terdiri atas 200+ pakar yang dengan cermat memprediksi tempat dan pengalaman perjalanan yang paling dinanti-nantikan di tahun mendatang,” tulis website resmi mereka.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Kemenparekaf di Excel, London, Inggris pada Selasa (7/11/2023). Penghargaan itu bisa menjadi momentum bagi sektor pariwisata Jakarta.

Tak hanya Lonely Planet, Jakarta pun sempat masuk dalam daftar 100 kota terbaik di dunia 2023 versi Resonance Consultancy. Perusahaan konsultasi global itu bergerak di real estate, pariwisata, dan pembangunan ekonomi. Dalam daftar tersebut, Jakarta berada di peringkat ke-89.

Namun terbaru, agen asuransi Paying Too Much melakukan survei terkait kota-kota wisata yang paling bikin stress lewat berbagai faktor. Beberapa halnya adalah tingkat kenyamanan dan relaksasi, lalu lintas, tingkat keramaian, kebisingan, dan kualitas ruang hijau.

Menurut hasil survei, Jakarta dipilih sebagai peringkat ketiga destinasi paling stressful setelah Mumbai di India dan Marrakesh di Maroko.

Mengutip CNN, Senin (1/7), Jakarta berada di posisi dua soal kepadatan penduduk dalam daftar itu. Jakarta juga memiliki indeks lalu lintas yang tinggi dengan skor 252 yang sekaligus menempatkan Jakarta sebagai kota dengan lalu lintas tersibuk dalam daftar.

Tingginya tingkat lalu lintas itu mencerminkan kondisi perjalanan yang sulit dan waktu yang dihabiskan di jalan yang panjang. Hal itu dianggap menambah tekanan bagi penduduk dan wisatawan.

Selain menurut survei itu, Jakarta juga masuk dalam peringkat yang tinggi pada indeks Kota Paling Stres 2021 yang diterbitkan perusahaan CBD dan Vaay. Indonesia masuk urutan ke-9 dari 10 kota paling stres.

Namun, kendati Jakarta dikenal akan kepadatan dan kemacetan yang tinggi, Jakarta menawarkan beberapa opsi untuk traveler melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Hal itu karena Jakarta memiliki 148 taman yang tersebar di seluruh area.

Tentunya hal itu dapat menjadi opsi jeda sejenak atau wisata dalam kota bagi para traveler. Selain itu, kawasan Ancol dan kepulauan Seribu pun menawarkan wisata pantai dan kepulauan yang tak jauh dari pusat kota.

Belum puas dengan wisata alam? Traveler pun bisa wisata sejarah maupun budaya di banyak museum di Jakarta. Misalnya saja ke kawasan Kota Tua yang memiliki beberapa museum dan gedung-gedung bersejarah.

Untuk menghindari stressnya jalanan Jakarta, traveler pun bisa memanfaatkan berbagai moda transportasi yang tersedia seperti TransJakarta, Jaklingko, Commuterline, MRT, ataupun LRT.

(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version