Selasa, Oktober 1


Jakarta

Cucu Presiden ke-1 RI Soekarno, Romy Soekarno, telah dilantik menjadi anggota DPR periode 2024-2029. Romy berterima kasih kepada rekan PDIP, Sri Rahayu dan Arteria Dahlan, yang mengundurkan diri sebagai caleg terpilih di dapil yang sama dengan Romy.

“Oh itu memang (keputusan) dari DPP yah. DPP mengapresiasi bagaimana saya di dapil berjuang dari pagi sampai malam dan terima kasih untuk Bu Sri Rahayu dan Mas Teri,” kata Romy di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Rommy mengatakan Arteria dan Sri Rahayu telah mengapresiasi apa yang telah dilakukannya di dapil Jatim VI. Dirinya juga berharap apa yang dilakukannya nanti untuk berjuang bagi rakyat.


“Karena mereka mengapresiasi semua apa yang saya lakukan di dapil sehingga ya mudah-mudahan saya bisa menjadi wakil rakyat yang bisa berjuang untuk bangsa dan negara berdasarkan ajaran Bung Karno,” katanya.

Seperti diketahui, caleg PDIP terpilih, Sri Rahayu, juga calon penggantinya Arteria Dahlan, mengundurkan diri jelang pelantikan anggota DPR. Keputusan itu membuat Romy Soekarno melenggang ke parlemen, Senayan.

Penetapan caleg terpilih itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU 1401/2024 tentang Perubahan Kelima Atas Keputusan KPU Nomor 1206/2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Dalam SK yang ditandatangani Ketua KPU Mochammad Afifuddin tertanggal Jumat (27/9) nama Romy Soekarno ditetapkan sebagai calon anggota legislatif terpilih dari PDIP dapil VI Jatim. Alasan penggantian caleg terpilih itu karena calon terpilih sebelumnya Sri Rahayu mengundurkan diri, sedangkan penggantinya Arteria Dahlan juga mengundurkan diri.

“Menggantikan calon terpilih atas nama Dra. Sri Rahayu (peringkat suara sah ke II, nomor urut 1) karena yang bersangkutan mengundurkan diri dan calon atas nama H. Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H. (peringkat suara sah ke III, nomor urut 4) karena yang bersangkutan mengundurkan diri,” demikian kutipan petikan keterangan dalam SK 1401 Tahun 2024.

Dengan keputusan itu, putra dari Rachmawati Soekarnoputri tersebut dipastikan melenggang ke Senayan dengan berbekal 51.245 suara. Romy akan menjadi anggota DPR bersama adik Pramono Anung, Pulung Agustanto, yang memperoleh 165.869 suara.

Simak Video ‘Sah! 580 Anggota DPR Periode 2024-2029 Resmi Dilantik’:

[Gambas:Video 20detik]

Saksikan Live DetikSore:

(ial/rfs)

Membagikan
Exit mobile version