Rabu, Mei 15


Jakarta

Mobil listrik buatan Jerman ternyata sudah dibeli oleh salah satu kementerian untuk dijadikan mobil dinas. Harga mobil listrik itu diketahui tembus Rp 2 miliaran.

Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengatakan sudah mulai mengirimkan unit yang dibeli salah satu instansi di Indonesia. Sementara modelnya adalah Mercedes-Benz EQE.

“Sudah ada (supply ke kendaraan dinas) kemarin. Kementerian itu kita ada jual EQE, sekarang kita lagi fokus ke situ,” kata pria yang disapa Keri ini di Jakarta Selatan, Senin (26/3/2024).


“Empat unit kemarin untuk tahap pertama, tahun lalu ke Setneg,” tambahnya lagi.

Secara spesifikasi Mercedes-Benz EQE merupakan mobil listrik dengan bekal baterai Lithium 90 kWh. Di atas kertas, mobil listrik itu bisa mencapai jarak tempuh 673 kilometer. Kemudian tenaga maksimumnya 292 dk dan torsi 565 Nm.

EQE juga dibekali teknologi keamanan khas Mercedes-Benz, yakni Active Brake Assist, Active Distance Assist DISTRONIC, Active Lane Changing Assist, Adaptive High Beam Assist Plus, PRE-SAFE Impulse Side, Active Parking Assist with PARKTRONIC, dan Window & Knee Airbag.

Mercedes-Benz EQE tampil futuristis berkat penggunaan headlamp modern yang alisnya saling terhubung. Sementara logo merek dibuat besar dan tegas di tengah-tengah gril bermika, kemudian logo lain yang lebih kecil terpasang di sekitar kap kendaraan.

Soal harga, Mercedes-Benz EQE saat ini dijual Rp 2.215.000.000 (off the road).

Soal kendaraan dinas berbasis baterai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menertibkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022. Inpres itu berisikan perintah ke menteri hingga kepala daerah untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas.

Inpres tersebut memaparkan dalam rangka percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah, memberikan instruksi kepada para menteri hingga gubernur dan bupati.

Simak Video “Momen Tim Damkar Evakuasi Mercy G-Class dari Saluran Air di Jaksel
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Membagikan
Exit mobile version