Kamis, Oktober 10

Jakarta

Banyak pola diet bertebaran untuk dicoba mereka yang mau menurunkan berat badan. Salah satunya diet mentimun yang disebut bisa bikin bobot tubuh menyusut 7 kg dalam seminggu. Apakah diet ini efektif?

Pola diet terdiri dari banyak jenis dan bisa dipilih sesuai preferensi serta kebutuhan pelaku diet. Beberapa yang terkenal antara lain diet Mediterania, intermittent fasting, flexitarian, hingga diet DASH.

Lalu ada juga diet yang mengkhususkan pada konsumsi makanan tertentu untuk menurunkan berat badan. Salah satunya diet mentimun atau cucumber diet yang menjanjikan hasil cepat.


Mengutip Times of India (1/10/2024), pola diet ini mengharuskan pelakunya fokus konsumsi mentimun dalam sebagian besar makanannya. Kemudian dibarengi konsumsi sumber protein pilihan.

Diet mentimun juga menyarankan pelakunya untuk makan mentimun kapanpun ketika lapar. Sebab sayuran ini rendah kalori dan mengandung beberapa nutrisi

Apakah diet mentimun efektif?

Foto: Getty Images/iStockphoto/sasirin pamai

Faktanya, sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan secara khusus manfaat diet mentimun untuk menurunkan berat badan. Karena konsumsi makanan rendah kalori yang ekstrem membuat penurunan berat badan hanya bersifat sementara.

Normalnya, diet mentimun mengharuskan pelakunya konsumsi 6 buah mentimun, olahan daging ayam, telur, dan beberapa jenis sayuran. Total asupan ini tak lebih dari 800 kalori.

Mentimun memang hampir 0 kalori sehingga konsumsinya dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun jumlah penurunan berat badan yang signifikan, mencapai 7 kg dalam seminggu, diragukan pakar. Pun untuk keberlangsungan diet ini dalam jangka panjang.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu keefektifan diet mentimun.

Membagikan
Exit mobile version