Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Burger menjadi kuliner ikonik di Amerika, konon dahulu berasal dari Jerman. Kini, burger Amerika mulai populer di Indonesia dengan racikan isi dan rasa yang lezat.

Tempat makan burger baru banyak bermunculan di kota-kota besar Indonesia. Kebanyakan mereka menawarkan burger klasik ala Amerika dengan ‘smashed patty’ yang membuat sajiannya istimewa.

Salah satu informasi yang dipercaya banyak orang, konon burger dikenal dengan nama hamburger. Kata ‘ham’ bukan merujuk pada daging ham, melainkan kota Hamburg yang berada di Jerman.


Namun, sejarah awalnya ternyata lebih panjang Menurut MotZ, asal-usul burger ini dimulai dari Mongolia pada abad ke-13 saat terjadinya perang antara bangsa Mongol dan Tatar.

burger Amerika yang klasik mulai populer di Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto

Sampai akhirnya burger hadir di Jerman. Hidangan yang awalnya terbuat dari daging kambing mentah, berubah menjadi daging sapi cincang yang dikenal sebagai frikadellen alias perkedel atau bola daging.

Kemudian, burger masuk ke Amerika pada abad ke-19. Sejak saat itu, burger mulai dikenal luas dan menjadi ikonik Amerika sampai sekarang. Karena populer dengan gaya racikan burger yang khas Amerika, hamburger lebih populer sebagai burger.

Kepopuleran burger juga semakin meluas ke seluruh dunia ketika disajikan oleh restoran cepat saji, McDonald’s, Menu utama yang dihidangkan berupa burger dengan kentang goreng atau french fries.

Sajian burger juga lekat dengan seporsi kentang goreng atau fries. Kreasi kentang goreng yang disajikan juga beragam dengan beberapa tipe potongan, hingga saian fries yang ditambahkan topping keju dan aneka saus.

burger Amerika yang klasik mulai populer di Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto

Burger juga termasuk hidangan yang populer di Indonesia. Tempat makan burger enak bisa ditemui di Jakarta dan kota lainnya. Bahkan, ada gerai burger di Indonesia yang disebut terenak versi Bloomberg, yaitu Five Monkeys.

Kreasi burger ala Amerika dengan patty yang premium banyak di Jakarta. Terbaru ada Dan’s Burger di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan yang sedang viral.

Di berbagai daerah juga ada tempat makan burger Amerika enak. Seperti BBQ Mountain Boys di Bandung, Cookroom di Yogyakarta, hingga Bossman di Bali.

Selama satu pekan ini, detikFood juga akan mengulas seputar beberapa fakta tentang burger Amerika. Mulai dari sejarah, fakta unik, hingga ciri khasnya. Termasuk rekomendasi makan burger Amerika di berbagai kota.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version