Senin, Oktober 21

Jakarta

Mau makan kenyang dan puas? Coba mampir ke warung Sunda di Cipondoh, Tangerang ini. Ada menu sayur asem gratis sepuasnya. Ada juga kepala kakap kuah nanas yang menyegarkan!

Melintas di kawasan Cipondoh, kamu bisa menemukan beberapa rumah makan dan restoran Sunda yang menarik dicoba. Salah satu yang menarik perhatian adalah Warung Sunda Bumi Sadayana.

Di bagian depannya tertulis ‘Gratis Sambel Bawang, Sambel Hejo, Lalapan’ untuk pengunjung. Selain itu, tempat bersantapnya luas dan nyaman dengan gubukan saung di sisi kanan serta lesehan di sisi kiri.


Mengenai menu, pengunjung bisa memilih lebih dari 50 jenis lauk yang tersedia. Lauk-lauk ini disusun di nampan beralaskan daun pisang. Ada olahan ayam kampung, bebek, ikan nila, ikan mas, ikan gurame, aneka pepes, hingga aneka sate.

Tak ketinggalan menu-menu khas Sunda, seperti aneka pepes karedok, aneka tumisan, jengkol, dan sambal. Harga menunya relatif terjangkau, mulai dari Rp 6 ribu.

Gratis sayur asem setiap hari

Warung Sunda Bumi Sadayana menawarkan sayur asem gratis setiap hari. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Warung Sunda Bumi Sadayana beroperasi sejak 2023 di Jl. KH. Hasyim Ashari, Cipondoh. Menurut penuturan kasir, awalnya rumah makan ini berdiri di Pamulang.

Warung Sunda Bumi Sadayana lalu berkembang dengan cabang di Sawangan dan Bandung. Kini banyak orang merekomendasikannya di media sosial sebagai rumah makan Sunda yang banyak gratisannya.

Mereka menggratiskan sayur asem setiap hari seumur hidup untuk pengunjung. Bahkan ada pojok khusus untuk panci besar berisi sayur asem.

Pengunjung bisa mengambil sendiri sayur asem di mangkuk kecil yang sudah disediakan. Isian sayur asemnya ada potongan jagung manis, labu siam, dan nangka muda.

Kuah sayur asemnya berwarna merah oranye dengan tekstur agak encer. Rasanya dominan manis ketimbang asam. Untuk isian sayur asemnya terasa fresh dan empuk ketika digigit.

Kepala kakap kuah nanas yang menyegarkan

Kepala Kakap Kuah Nanas dan Sayur Asem Gratis Sepuasnya Ada di Sini Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Dari deretan lauk dan pelengkap yang tersedia, detikfood (16/10/2024) tertarik mencicipi menu favorit. Berupa Kepala Kakap Kuah Nanas (Rp 65 ribu) yang tampilannya mencuri perhatian.

Pegawai menuturkan, meski kuahnya kental, tapi tidak dibuat dengan santan. Potongan kepala kakap berukuran besar ini ‘terendam’ dalam kuah kuning terang bersama irisan cabai rawit dan kacang panjang.

Ukuran kepala kakapnya besar dengan daging-daging lembut masih menempel di sekitar pipi. Daging ini pun mudah dilepaskan dengan sendok.

Untuk kuah nanasnya terasa asam menyegarkan. Rasa asam khas nanasnya terasa ringan di mulut sehingga enak diseruput berkali-kali. Hanya saja menurut kami masih tercium aroma ikan yang kuat pada sajian ini.

Makan makin nikmat dengan empal gepuk hingga jengkol balado. Baca halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version