Rabu, September 25


Jakarta

Di Indonesia Aja Travel Fair (DIATF) kembali digelar. Di tahun ini, ada berbagai diskon dan paket wisata yang dijual. Dua yang menarik adalah diskon kereta api hingga cashback Rp 300 ribu.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini DIATF digelar di empat kota dan provinsi di Indonesia. Tepatnya di Jakarta, Surabaya, Makassar dan Medan.

“Pemilihan empat kota tersebut juga kita selaraskan dengan daerah sumber pergerakan wisatawan nusantara yang tinggi yaitu banyak di Jawa, di Sumatera Utara, juga di Sulawesi Selatan. Sehingga dapat lebih memperluas awareness untuk BBWI, diharapkannya lebih banyak melakukan kunjungan-kunjungan di daerah wisata bukan hanya ke luar negeri,” imbuh Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Odo RM Manuhutu, pada press conference online DIATF, Selasa (24/9/2024).


Odo menjelaskan, tahun ini DIATF melibatkan kolaborasi lintas sektoral yang lebih luas yakni dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), serta pemerintah daerah di empat provinsi yang menjadi tuan rumah.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini mengapresiasi banyaknya kegiatan travel fair yang diselenggarakan. Karena menurutnya hal itu turut membantu membangkitkan program nasional Bangga Berwisata di Indonesia. Selain itu, banyaknya travel fair juga memberikan tawaran menarik bagi para pengunjung.

“Karena dengan adanya Travel Fair memudahkan consumer untuk mendapatkan deals-deals yang tidak didapatkan biasanya,” imbuhnya dalam kesempatan yang sama.

Sedangkan menurut Ketua DPP ASTINDO, Pauline Suharno, adanya travel fair dengan agen perjalanan resmi akan memberikan dampak yang baik bagi traveler ataupun masyarakat. Itu karena travel agen yang resmi dikelola dengan profesional.

“Untuk kami asosiasi travel agent Indonesia, DIATF ini adalah salah satu wadah bagi para travel agent untuk memperkenalkan dan menjual paket-paket perjalanan wisata destinasi ke seluruh masyarakat. Travel agen, tur operator, kami memiliki fungsi untuk menyatukan berbagai komponen di sektor pariwisata seperti transportasi baik melalui udara, laut, darat, lalu akomodasi, atraksi, jasa pemandu wisata, driver, angkutan, rumah makan, toko souvenir dan sebagainya,” imbuh Pauline.

Pauline pun membocorkan diskon dan penawaran spesial di DIATF kali ini. Yakni adanya cashback sebesar Rp 300 ribu untuk pemegang kartu kredit dan debit dari BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga. Ada juga potongan harga sampai Rp 1 juta untuk konsumen dengan transaksi tertinggi.

Selain itu, terdapat potongan diskon 20 persen untuk tiket KAI. Adapun diskon hanya berlaku untuk kereta api kelas komersial dan hanya bisa didapatkan di booth KAI selama acara berlangsung.

Untuk acaranya digelar di Surabaya (27-29 September 2024), Jakarta (4-6 Oktober 2024), Medan (25-27 Oktober 2024).

(wkn/wsw)

Membagikan
Exit mobile version