Jumat, Oktober 4


Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan harapan dan memberikan motivasi kepada para polisi wanita di HUT ke-76 Polwan. Sigit juga menyampaikan dukungannya terhadap kesetaraan gender di Polri.

Sigit awalnya bercerita momen dirinya bertemu dengan Kepala Polisi Belanda, Janny Knol, yang merupakan seorang Polwan. Dia mengaku sempat kaget karena kepolisian dipimpin polisi wanita.

“Saya sendiri kemarin, juga sedikit kaget, pada saat pergi ke Belanda. Kita menandatangani MoU dengan Kepolisian Belanda. Kaget kenapa? Kepala Polisinya seorang wanita, Polwan,” ucap Jenderal Sigit, dalam sambutan di acara Hari Jadi ke-76 Polisi Wanita Republik Indonesia, Kamis (3/10/2024).


Pertemuan antara Kapolri dengan Komisaris Janny Khol terjadi pada Agustus 2024. Saat itu, Polri dengan kepolisian Belanda menandatangani MoU tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan Transnasional di Markas Besar Kepolisian Belanda. Momen itu pun sempat diunggah dalam Instagram Kapolri.

Kapolri kemudian membayangkan suatu saat Polwan bisa menjadi Kapolri. Dia meminta hal itu dipersiapkan agar bisa terwujud.

“Jadi saya membayangkan, kapan ya di Indonesia punya Kapolri yang wanita, ada nggak keinginan untuk itu? Benar? Tapi tolong persiapkan dengan baik pengkaderannya,” ucapnya.

Sigit mengatakan kesetaraan gender telah memberi pengaruh positif dalam karier Polwan. Dia mengatakan ruang bagi Polwan menjadi Kapolri terbuka lebar.

“Sehingga ruang-ruang itu kemudian menjadi ada, saya nggak tahu berapa tahun lagi, tapi tentunya dengan pengaruh kesetaraan gender saya kira ruang itu juga ada buat rekan-rekan,” ucapnya.

(aik/haf)

Membagikan
Exit mobile version