Senin, Oktober 7


Jakarta

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan fatwa MUI terkait produk Israel tak pernah dicabut. Sudarnoto mengatakan seruan boikot terhadap produk Israel harus dilanjutkan.

“Fatwa MUI terkait dengan produk Israel dan produk yang terafiliasi dengan Israel itu tidak pernah dicabut. Karena itu, saya menyerukan, nanti Pak Sekjen bisa melanjutkan, saya menyerukan agar boikot terhadap produk Israel harus dilanjutkan,” kata Sudarnoto kepada wartawan di depan Kedubes Amerika Serikat, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Sudarnoto mengimbau pemerintah serius melakukan pengawasan terhadap produk impor dari Israel. Dia mengatakan aksi bela Palestina ini merupakan momentum untuk mengingatkan pemerintah agar berkomitmen mendukung Palestina.


“Saya juga mengimbau kepada pemerintah agar sungguh-sungguh melakukan kontrol terhadap impor Israel. Karena selama ini dibiarkan. Mohon maaf, beberapa waktu yang lalu, Pak Menteri sibuk dengan illegal import, tapi tidak pernah memberikan perhatian pada impor dari Israel. Karena itu, ini momentumnya, momentum meningkatkan, mengajak pemerintah untuk lebih serius,” ujarnya.

Dia mengingatkan Amerika Serikat agar tak lagi mendukung Israel. Menurutnya, kehancuran dapat dialami negara mana pun, termasuk Israel dan Amerika.

“Karena itu, kami semua mengingatkan kepada Amerika, jangan lagi memberikan dukungan kepada Israel, jangan lagi membiarkan genosida yang dilakukan oleh Israel. Kalau ini dibiarkan, maka bangsa-bangsa di dunia akan terus bergerak. Ingat, suatu saat Amerika juga akan mengalami kehancuran dari dalam,” ujarnya.

“Seperti juga Israel akan mengalami kehancuran, ini nyata seperti yang tadi disampaikan oleh Hidayat Nur Wahid bahwa lebih dari dua pertiga negara anggota PBB menyatakan dukungan kepada Palestina,” tambahnya.

Dia berharap pemerintah serius terhadap sikapnya mendukung Palestina. Dia menyerukan penghentian genosida.

“Saya berharap pemerintah Indonesia ke depan adalah pemerintah yang benar-benar dan sungguh-sungguh memberikan sikap nyata untuk menghentikan genosida,” ujarnya.

Sekjen MUI Bidang Luar Negeri Amirsyah Tambunan berterima kasih terhadap massa yang hadir dalam aksi tersebut. Dia mengajak massa terus menyerukan keadilan.

“Kami menyampaikan rasa syukur dan terima kasih sudah berada di terik panas matahari, sudah duduk bersama-sama rakyat Indonesia, Adik-adik, Saudara-saudara, Bapak, Ibu ini belum seberapa pengorbanan yang kita lakukan terhadap saudara-saudara kita yang saat ini dizalimi, ditindas, digenosida oleh kebiadaban zionis Israel. Karena itu Bapak-Ibu sekalian, rekan-rekan media nggak pernah berhenti menyuarakan kehadiran untuk menolak dan menghapuskan kezaliman, kenapa? Karena kita ketahui kezaliman itu terjadi bukan karena orang-orang yang berbuat zalim, tapi kita yang mengerti bahaya kezaliman, mengerti manfaat keadilan, kita diam, dunia diam, itu tidak boleh,” ujar Amirsyah Tambunan dalam orasinya.

“Karena itu, mari terus kita suarakan keadilan, mari terus kita suarakan untuk menolak kezaliman, menolak genosida, dan menolak sikap-sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan,” tambahnya.

Seperti diketahui, aksi bela Palestina di depan Kedubes AS ini digelar oleh Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP). Aksi ini mengusung tema ‘Perjuangan Bersama Memperingati 1 Tahun Genosida di Gaza dan 76 Tahun Perlawanan Palestina’.

Tak semua massa melakukan long march dari Monas tapi sebagian massa sudah berkumpul di depan Kedubes AS. Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Selatan dari dua arah yang mengarah ke Monas maupun ke Stasiun Gambir juga ditutup.

Massa tampak mengenakan baju bernuansa putih dan hitam. Mereka juga membawa bendera Palestina dan poster bergambar ibu yang menggendong anaknya.

Massa juga membawa poster bertulisan ‘Stop Genosida’. Selain itu, massa juga membawa sorban dan ikat kepala bertulisan ‘Palestina’.

Aksi dimulai dengan pembacaan doa dan zikir. Mereka mendoakan warga Palestina.

“Baik, mari kita mulai, zikir dan doa yang akan kita panjatkan. Kita mohon kepada Allah agar memberikan keberkahan, keridaan,” kata Sekretaris Umum FPI Buya Husein, yang memimpin zikir.

Kemudian, massa juga menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu, massa melantunkan ayat suci Al-Qur’an.

Lihat Video ‘Penampakan Massa Aksi Bela Palestina Geruduk Kedubes AS’:

[Gambas:Video 20detik]

(mib/dek)

Membagikan
Exit mobile version