Sabtu, Oktober 19


Jakarta

Indonesian Heritage Agency (IHA), merupakan badan layanan umum yang beroperasi di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

IHA bertanggung jawab atas pengelolaan 18 museum dan 34 cagar budaya nasional, memastikan pelestarian dan pemanfaatan optimal warisan budaya Indonesia.

Selain Museum Benteng Vredeburg, beberapa di antaranya Museum Nasional, Galeri Nasional Indonesia, Museum Batik Indonesia, Museum Prasejarah Semedo Tegal, Museum Prasejarah Sangiran, Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Gunung Padang, Situs Leang Timpuseng, dan Benteng Duurstede.


IHA, yang dibentuk pada tanggal 1 September 2023 sebagai Badan Layanan Umum, memiliki visi untuk menjadikan museum dan cagar budaya sebagai ruang kolaboratif terbuka yang memperkaya pengetahuan sejarah dan budaya. Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, “Dengan pendirian IHA, kita telah meletakkan salah satu tonggak penting dalam upaya pelestarian warisan budaya di Indonesia.

Hilmar Farid lebih lanjut menjelaskan bahwa IHA diharapkan menjadi motor penggerak dalam mewujudkan masyarakat yang berbudaya. Menurutnya, museum dan cagar budaya harus dikelola dengan cara yang lebih profesional, sehingga betul-betul menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan yang menyenangkan bagi masyarakat.

Sebagai pengakuan atas kinerja IHA, detikcom memberikan penghargaan untuk Indonesian Heritage Agency sebagai institusi pengelola dan penggerak dalam inovasi pengembangan serta pemanfaatan Museum dan Cagar Budaya.

Penghargaan diberikan oleh Direktur Produk detikcom Sena Achari di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (17/10/2024). Sementara itu, penghargaan diterima oleh Plt. Kepala Indonesian Heritage Agency, Ahmad Mahendra.

detikcom Awards merupakan event penghargaan yang digelar untuk tahun kedua.

detikcom Awards 2024 mengambil tema ‘Shaping a New Era: Innovation, Adaptation, and Transformation For Better Indonesia’.

detikcom Awards merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada individu, merek, dan lembaga di Indonesia yang telah memberikan kontribusi luar biasa di berbagai bidang.

(ddn/fem)

Membagikan
Exit mobile version