Minggu, Oktober 20


Jakarta

Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan detik-detik kecelakaan mobil jenis MPV menabrak belakang truk yang berjalan pelan di lajur kiri. Mobil Mitsubishi Xpander itu menabrak truk setelah menyalip secara zig-zag dengan kecepatan tinggi.

Video kecelakaan tersebut diunggah oleh akun X @Heraloebss pada 19 Oktober 2024. Dari keterangan unggahan tersebut, kecelakaan yang direkam dashcam sebuah mobil tersebut terjadi pada 12 Oktober lalu di tol arah Bandara Juanda, Surabaya. Tak dijelaskan jam kecelakaannya, namun kondisinya malam hari.

Jika dilihat kronologinya melalui tayangan video tersebut, pengendara mobil Mitsubishi Xpander tersebut awalnya menyalip pengendara mobil yang menggunakan dashcam. Dari lajur kiri, Mitsubishi Xpander menyalip ke lajur kanan dengan kecepatan tinggi.


Setelah itu, awalnya pengendara mobil Xpander tersebut ingin sekalian menyalip mobil Alphard di depannya. Tapi tidak bisa lantaran Alphard itu juga berjalan di lajur kanan. Xpander hitam itu pun kemudian membanting setir ke arah kiri dan berusaha menyalip Alphard dari lajur kiri.

Nahasnya, di bagian kiri ada truk besar yang berjalan lambat. Kecelakaan pun tak dapat dihindari. Xpander tersebut langsung menabrak bagian belakang truk. Kecelakaan tersebut cukup keras, hingga bagian belakang mobil MPV itu terangkat ke atas dan terbanting. Sementara truk oleng ke arah kiri usai ditubruk keras dari belakang.

Menyalip secara ugal-ugalan tentunya sangat tidak dibenarkan. Apalagi menyalip dari lajur kiri. Mengutip penjelasan Auto2000, truk bergerak lambat sehingga butuh waktu untuk akselerasi dan pengereman, termasuk membutuhkan ruang yang luas saat manuver dan memiliki blind spot yang luas.

Untuk itu, hindari mengemudi secara agresif seperti pindah lajur tiba-tiba. Dengan perbedaan kecepatan yang tinggi, tanpa disadari mobil tiba-tiba sudah dekat dengan bak truk. Risikonya sangat besar jika gagal mengantisipasinya.

Terpenting untuk senantiasa menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Pengemudi juga harus mampu melihat potensi masalah dari truk di depan dan melakukan manuver menghindar saat dibutuhkan. Seperti ketika ada truk yang tidak kuat menanjak, termasuk memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pengereman jika harus mengurangi kecepatan.

(lua/rgr)

Membagikan
Exit mobile version