Sabtu, September 14


Jakarta

Safety car F1 mengalami kecelakaan dalam sesi tes di Monza. Mulanya mobil berjalan biasa kemudian terlihat selip dan berputar sebelum akhirnya menghantam pembatas.

Ada kejadian tak biasa di sesi tes F1 Grand Prix Italia. Safety Car di gelaran F1 Italia itu mengalami kecelakaan. Kecelakaan itu terjadi di akhir tikungan high-speed Parabolica. Dikutip Crash, sebagai prosedur dari pra-balapan yang umum dilakukan, pengemudi Safety Car, Bernd Maylander, melakukan pengecekan berkeliling sirkuit.


[Gambas:Twitter]

Namun dalam salah satu push lap-nya, Maylander kehilangan kendali atas Aston Martin Vantage berkelir hijau tersebut. Terlihat dalam video yang berseliweran di media sosial X mobil tiba-tiba berputar di tikungan hingga akhirnya terseret ke pinggir lintasan dan berujung menabrak pembatas.

Insiden tersebut digambarkan sebagai insiden kecepatan tinggi. Beruntung sang sopir dan penumpang di kursi depan tak mengalami cedera apapun. Keduanya pun masih bisa keluar dari mobil tanpa bantuan.

Maylander dan penumpang itu kemudian dijemput oleh mobil medis F1 sebelum kembali ke pitlane. FIA kemudian merilis keterangan atas insiden tersebut.

“Ada insiden di lintasan yang dialami FIA Safety Car di Monza. Aston Martin sedang menyelidiki penyebabnya, tetapi dapat dipastikan bahwa pengemudi dan penumpang baik-baik saja. Ada Safety Car cadangan di sirkuit dan tidak berdampak pada balapan di akhir pekan,” demikian tulis FIA.

Insiden yang melibatkan Safety Car ini bukan hal biasa yang terjadi di lintasan. Terlebih pengemudi memiliki banyak pengalaman di balik kemudi setir. Namun sebelumnya ada juga insiden yang dialami mobil medis F1 saat sesi latihan Grand Prix Monaco tahun 2000.

Insiden serupa juga terjadi pada tahun 2002 di Brazil. Enrique Bernoldi menabrakkan mobilnya saat sesi latihan di Interlagos. Bendera merah pun langsung dikibarkan setelah insiden tersebut. Selanjutnya mobil medis yang sedang parkir ditabrak mobil Sauber Nick Heidfeld. Untungnya masih ada celah sempit yang bisa dilewati Heidfeld dan tak ada yang terluka parah dari kejadian tersebut.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version