Minggu, Juli 7


Jakarta

Vivo V30e 5G resmi dirilis di Indonesia pada Mei lalu, ponsel ini menjadi penerus Vivo V29e dengan membawa sejumlah peningkatan di dalamnya. Dibanderol Rp 4 jutaan, ponsel ini menawarkan desain premium, baterai tahan lama, kamera mumpuni dan fitur yang seru untuk digunakan sehari-hari.

Hadirnya Vivo V30e 5G pun sebagai pelengkap V30 dan V30 Pro yang lebih dulu diluncurkan di Indonesia. Dibandingkan dengan harga keduanya, Vivo V30e 5G masih lebih terjangkau.

Sebabnya spesifikasi yang dimiliki Vivo V30e 5G cukup berbeda, meski demikian Vivo V30e 5G tetap dibuat menggoda dan patut diperhitungkan. Untuk lengkapnya bisa kamu simak review singkat Vivo V30e 5G berikut ini:


Desain

Desain Vivo V30e 5G memiliki desain berbeda dibandingkan saudaranya Vivo V30 5G. Pada bagian belakang Vivo V30e 5G terdapat modul kamera belakang di mana bentuknya bulat menyerupai mounting lensa pada kamera mirrorless. Hal ini pun menghilangkan ciri khas desain ikonik dari Vivo V30 Series yang tidak dimiliki oleh Vivo V30e 5G.

Desain kameranya disebut ‘Time Messenger’ yang terinspirasi dari jam tangan premium dengan tepi bergerigi. Dari segi warna Vivo V30e 5G hadir dalam dua pilihan warna berbeda Giri Merah dan Banyu Biru, dikatakan Vivo kedua warna ini terinspirasi dari keindahan Indonesia.

Vivo V30e. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Unit yang direview detikINET adalah varian Giri Merah yang merepresentasikan tanah dan pegunungan yang menjulang tinggi di negeri ini. Sedangkan varian Banyu Biru terinspirasi oleh luasnya perairan di Indonesia, menghadirkan nuansa kesegaran dan kedamaian.

Kedua varian ini memiliki panel belakang dual-tone yang terbuat dari bahan yang berbeda memadukan 80% dilapisi matte dan 20% kaca glossy yang mengkilap.

Kesan pertama detiKINET pada smartphone ini begitu memikat mata desain kekinian dengan warna premium nan mewah. Pada sisi matte yang menutupi sebagian besar panel belakang merupakan pilihan praktis karena mampu menahan sidik jari dan bercak noda. Tapi jika tidak menggunakan case ponsel ini mudah terlepas dari genggaman karena teksturnya yang licin.

Salah satu fitur desain yang menonjol adalah bagian modul kamera yang melingkar, dihiasi dengan cincin emas, menyerupai bentuk desain jam tangan kelas atas. Di dalam modul ini terdapat kamera ganda bersama dengan flash kamera Aura Light Portrait.

Vivo V30eVivo V30e. Foto: Josina/detikINET

Menggenggam ponsel ini juga terasa nyaman dan ringan berkat tepiannya yang melengkung dengan ketebalan hanya 7,7 mm dan bobot yang ringan yaitu 188 g, ponsel ini terasa solid dalam genggaman. Menariknya, meski tipis Vivo berhasil membenamkan baterai berkapasitas 5.500 mAh di dalamnya yang mendukung pengisian cepat 44W.

Selain itu ponsel ini juga diberikan Tough Body Armor sehingga bodi smartphone pun lebih kuat dan sertifikasi IP64 untuk ketahanan air dan debu. Ditambah lagi kemampuan Water Wet Display yang memastikan pengalaman menggunakan smartphone tetap nyaman ketika tangan sedang dalam keadaan basah. Makin lengkap dengan sertifikasi SCHOTT Xensation Cover Glass yang memastikan ketahanan terhadap goresan dan kerusakan fisik lainnya.

Perangkat ini juga dibekali case tambahan berwarna bening untuk melindungi ponsel agar tetap aman dan mulus dari benturan karena terjatuh. Secara keseluruhan, tampilan dan nuansa ponsel ini memancarkan kualitas premium.

Layar

Vivo V30e 5G menjadi ponsel pertama dari seri V-e yang mengusung desain Ultra Slim Body dengan 3D Curved Screen, bezel layarnya tipis dengan screen-to-body ratio yang diklaim mencapai 93,3% sehingga memberikan tampilan lebih mewah dan mahal.

Layar depan Vivo V30e menghadirkan desain poni bergaya punch hole yang letaknya ada di tengah atas layar berfungsi sebagai kamera depannya. Bentang layar AMOLED 6,78 inchi memberikan pengalaman visual yang memanjakan mata. Warna dan kualitas gambar yang disuguhkan juga terasa hidup, menonton film dari Netflix atau bermain game pun jadi makin interaktif dan puas.

Vivo V30e. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Vivo V30e 5G memiliki resolusi Full Hd+ dengan kerapatan 388 PPI serta refresh rate 120Hz menawarkan pengalaman UI yang mulus, jernih, dan tajam. Untuk tingkat kecerahan, pada ponsel ini Vivo mengklaim memiliki batas maksimal hingga 1300 nits sehingga ketika digunakan di luar ruangan ataupun di bawah terik matahari masih lancar digunakan.

Layar Vivo V30e 5G juga telah dilengkapi dengan fitur fingerprint atau sensor sidik jari di dalam layar, yang berjalan dengan mulus tanpa gangguan. Ada juga fitur Near Field Communication (NFC), WiFi 5 dan Bluetooth 5.1.

Performa dan Baterai Besar

Dapur pacu ViVo V30e 5G dibekali chip Snapdragon 6 Gen 1 yang didukung dengan RAM 8 GB yang dipadu dua opsi Storage, yakni 128 GB dan 256 GB. Pengguna bisa menambah 8GB lagi berkat fitur Extended RAM. Jika masih kurang, perangkat ini juga didukung pemakaian microSD sampai 1 TB.

Chipset ini memberikan kinerja yang andal mulai dari aktivitas rutin seperti mengirim pesan, menelepon, scrolling media sosial, streaming musik atau video, hingga bermain game yang berat.

V30e 5G berjalan pada FuntouchOS 14, berbasis Android 14. Meskipun perangkat lunak ini menawarkan banyak opsi penyesuaian, namun sudah dimuat dengan banyak aplikasi bloatware. Untungnya, ada opsi untuk menghapus aplikasi-aplikasi ini.

Dari segi baterai, V30e 5G memiliki kapasitas baterai besar 5,500 mAh salah satu fitur yang menjadi daya tarik utama dalam penjualannya. Dilengkapi dengan mode Super Battery Saver, sektor daya dari Vivo V30e dapat digunakan hingga 22 jam menonton YouTube, 15 jam menjelajah Instagram, 9 jam bermain PUBG, hingga 53 jam mendengarkan musik.

Vivo V30e. Foto: Josina/detikINET

Untuk pengisian daya, Vivo V30e hadir dengan dukungan pengisian daya cepat 44 W yang mengisi daya ponsel dari 0-100 persen dalam 1 jam 22 menit. Vivo turut memberikan 4-Year Battery Health, untuk memastikan konsistensi dan optimalitas performa baterai selama penggunaan.

Selama pengalaman detikINET, daya tahan baterai Vivo V30e 5G dapat bertahan seharian jika digunakan dengan durasi berat seperti seharian nonton video, streaming musik atau bermain game berat. Namun untuk penggunaan ringan misal hanya untuk scrolling media sosial ponsel ini bisa tahan sampai 2 hari lebih. Ponsel ini juga tidak mengeluarkan panas yang berlebihan meski dipakai terus-menerus.

Halaman selanjutnya: Hasil kamera >>>



Membagikan
Exit mobile version