Jumat, Oktober 18


Jakarta

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) kembali menyelenggarakan pameran sepeda motor terbesar, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024. Pameran otomotif roda dua ini akan berlangsung mulai akhir bulan ini. Apa saja motor baru yang bakal muncul di IMOS 2024?

Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini akan berlangsung dari tanggal 30 Oktober hingga 3 November 2024 di ICE BSD City. Berbagai pabrikan otomotif siap menawarkan inovasinya di industri roda dua.

“Untuk IMOS 2024, akan menghadirkan ragam variasi kendaraan roda dua, baik dari produk motor bermesin ICE, ataupun produk motor berbasis listrik juga berbagai merek dari industri pendukung seperti produk ban, apparel, pelumas hingga tools dan suku cadangan. Untuk IMOS 2024 kami mengusung tema, ‘Riding Green and Safe Journey for A Better Life’. Kami berharap IMOS bisa jadi wadah pengenalan ragam teknologi terbaru sepeda motor di Indonesia,” kata Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala dikutip Kamis, (17/10/2024).


Tercatat ada 17 merek sepeda motor jenis Internal Combustion Engine(ICE) seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, TVS, Yamaha, Harley-Davidson, Royal Alloy, Royal Enfield, hingga Scomadi. Sementara itu, deretan sepeda motor listrik terdapat merek Alva, Electrum, HORWIN INC, ION Mobility, Polytron, VMove, Volta, dan ZPT.

Honda akan memajang zona motor listrik. Dua motor listrik terbaru Honda yang meluncur pekan lalu, yaitu Honda Icon e: dan CUV e: bakal dipajang di IMOS 2024. Keduanya akan menemani motor listrik Honda lainnya, yaitu EM1 e: dan EM1 e: Plus.

Tak cuma itu, skuter matik (skutik) andalan seperti Honda BeAT, Vario Series dan varian big skutik seperti PCX160 dan ADV160, juga motor sport seperti CB150 Streetfire, CBR150, CBR250RR pun bakal meramaikan IMOS 2024. Kemungkinan, Honda juga akan meluncurkan motor baru di IMOS 2024. Isunya, Honda sedang menyiapkan Scoopy terbaru.

Selanjutnya Yamaha. Pabrikan berlogo garpu tala ini akan menyajikan zona teknologi dengan memamerkan model-model seperti Yamaha Nmax Turbo, Maxi Area dan New Xmax Connected. Ada juga lini motor classy seperti Fino, New Fazzio dan Grand Filano, serta motorsport seperti R15 dan R25. Kemungkinan, Yamaha bakal meluncurkan motor baru di IMOS 2024. Bisa jadi Yamaha akan memperkenalkan R25 terbaru, apalagi secara global Yamaha baru saja meluncurkan YZF-R3 terbaru hasil produksi Indonesia yang menjadi kembaran dari R25.

Lalu Suzuki, merek motor asal Jepang ini masih mengandalkan jajaran skutiknya seperti Address, Nex-II, Nex-II Crossover dan terbaru ada Burgman 125. Jajaran motorsport seperti GSX-R 150 juga bakal turut meramaikan, juga akan ada Suzuki GSX-SF 250. Lini produk lain seperti V-Strom 250 SX dan Satria F150 turut dibawa. Belum ada tanda-tanda peluncuran motor baru Suzuki, tapi mungkin akan ada kejutan dari Suzuki di IMOS 2024 ini.

Kemudian Kawasaki akan menghadirkan lini motor sportnya. Mulai dari motor bermesin 150 cc, hingga jajaran ATV yang belum lama ini diluncurkan bakal dipamerkan Kawasaki di IMOS 2024. Belum ada kabar mengenai peluncuran motor baru Kawasaki, tapi mungkin saja akan ada kejutan di IMOS 2024.

Pabrikan motor asal India, TVS, turut meramaikan IMOS 2024. TVS akan meluncurkan motor listrik terbaru di IMOS 2024. Selain motor listrik, kemungkinan TVS akan meluncurkan satu motor sport terbaru di IMOS 2024. Selain itu, TVS akan membawa lini skutik seperti Intelligo dan Callisto series. Motor bebek seperti Rock, XR dan AM1, motor sport Max, Apache dan Ronin serta motor listrik TVS iQube juga bakal dibawa.

Lanjut, Royal Enfield masih mengandalkan motor klasik seperti Bullet 350 dan 500. Motor adventure Royal Enfield Himalayan 450 juga motor andalan Hunter dan Continental akan dibawa. Biasanya, Royal Enfield akan memperkenalkan edisi spesial di pameran otomotif. So, tunggu saja.

Selanjutnya, Scomadi akan memanfaatkan ajang IMOS 2024 untuk merayakan setahun kemunculan di Indonesia. Scomadi akan memboyong produk motor klasik modern andalannya.

Tak cuma motor bermesin bensin yang bakal meramaikan IMOS 2024. Motor listrik pun akan unjuk gigi di pameran otomotif roda dua ini. Salah satunya Electrum yang akan membawa teknologi motor listriknya. Electrum juga akan pamer ekosistem kendaraan listriknya termasuk baterai dan sistemnya. Kemungkinan Electrum bakal membawa kejutan di IMOS 2024.

Selain brand-brand tersebut, IMOS 2024 akan diramaikan oleh merek ternama seperti Harley-Davidson, serta merek motor listrik lain seperti Alva, HORWIN INC, ION Mobility, Polytron, VMove, Volta, dan ZPT. Produk aksesoris apparel, dan industri pendukung lainnya juga akan meramaikan IMOS 2024.

Harga tiket IMOS 2024 tak mengalami kenaikan. Mereka yang membelinya secara online cukup menyiapkan mahar Rp 25 ribu untuk kedatangan weekdays dan Rp 40 ribu untuk weekend. Sedangkan pembelian onsite atau di lokasi sedikit lebih mahal, yakni Rp 35 ribu untuk weekdays dan Rp 50 ribu untuk weekend. Pembelian presale secara online pada 4-6 Oktober berhak mendapat potongan harga 50 persen.

Pada edisi sekarang, acara tersebut akan menggunakan lahan 15 ribu meter persegi dan memanfaatkan hall 9-10 di ICE BSD.

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version