Minggu, Oktober 20


Jakarta

Mobil-mobil Mercedes-Benz rupanya sudah menemani perjalanan Presiden Indonesia sejak dulu. Berikut ini deretan mobil Mercy yang digunakan Presiden Indonesia.

Mercedes-Benz punya catatan tersendiri dengan Presiden Indonesia. Mobil Mercedes-Benz rupanya sudah digunakan sejak zaman Sukarno memimpin. Dalam unggahan di akun Instagram mercedesbenzid, pabrikan yang bermarkas di Stuttgart itu memamerkan deretan mobil yang digunakan dari era Sukarno hingga Presiden Joko Widodo saat ini.


[Gambas:Instagram]

Sukarno saat menjadi orang nomor satu di Indonesia diketahui pernah menumpangi Mercedes-Benz 600 (W100). Tak berhenti sampai di situ, Presiden kedua Soeharto juga terlihat menggunakan Mercedes-Benz 500 SEL (W126). Berlanjut ke Presiden ketiga BJ Habibie tampak menumpangi Mercedes-Benz S-Class (W140).

Selanjutnya Presiden keempat Abdurrahman Wahid juga pernah terlihat duduk di dalam Mercedes-Benz S-Class (W116). Kemudian di era Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, modelnya berganti menjadi Mercedes-Benz S-Class W140. Di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono, modelnya tampak berganti. Adalah Mercedes-Benz S600 Guard (W221). Mobil itu dibekali dengan fitur antipeluru.

Mobil tersebut sempat digunakan Presiden Joko Widodo di awal kepimpinannya. Hingga akhirnya pada tahun 2019, Kementerian Sekretariat Negara, sesuai dengan anggaran yang tersedia mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung. Sistem penunjukan langsung itu dilakukan mengingat dibutuhkan keamanan tingkat tinggi untuk melindungi presiden dan wakil presiden menjalani tugasnya.

“Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan,” demikian bunyi pernyataan Setneg pada Agustus 2019.

Mercedes-Benz S 600 Guard yang digunakan Jokowi ini merupakan generasi W222. Sebagai mobil kepresidenan, Mercedes-Benz S 600 Guard punya fitur keamanan jempolan. Mercedes-Benz S 600 Guard ini merupakan mobil antipeluru. Mobil S 600 Guard bisa melindungi penumpangnya yang duduk di jok belakang dari serangan senjata mesin M60.

Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Mobil ini memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.

“Sebagai mobil resmi kepresidenan di Indonesia, Mercedes-Benz setia menemani perjalanan kepala negara di setiap periode. Sebuah testimoni kualitas kenyamanan dan kemewahan Mercedes-Benz yang disertai dengan standar keamanan tertinggi,” demikian tulis Mercedes-Benz.

Sementara untuk presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka, belum diketahui dengan pasti akan menggunakan mobil dinas apa. Namun tak menutup kemungkinan, Prabowo-Gibran akan menggunakan mobil kepresidenan lungsuran dari Jokowi-Ma’ruf Amin.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version