Rabu, Juni 26

Jakarta

Apple Intelligence telah resmi diperkenalkan dalam ajang WWDC 2024. Inovasi ini menjanjikan pengalaman baru dalam cara kita berinteraksi dengan perangkat Apple.

Apple Intelligence adalah sistem kecerdasan pribadi dari Apple yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada perangkat iPhone, iPad, dan Mac. Dengan menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks pribadi, Apple Intelligence menyediakan kecerdasan yang berguna dan relevan bagi pengguna.

“Sudah ada beberapa alat obrolan yang sangat mengesankan di luar sana yang melakukan beragam tugas menggunakan pengetahuan dunia. Namun alat-alat ini hanya mengetahui sedikit tentang kamu dan kebutuhan kamu,” kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple.


“Kami menghadirkan kecerdasan yang memahami kamu. Apple Intelligence menempatkan model generatif yang kuat dan tepat pada inti iPhone, iPad dan Mac. Ini mengacu pada konteks personal kamu untuk memberikan kamu kecerdasan yang paling berguna dan relevan bagi kamu. Dan ini melindungi privasi kamu di setiap langkah,” lanjutnya.

Fitur Apple Intelligence

Apple Intelligence menawarkan beberapa kemampuan baru di iPhone, iPad dan Mac. Berikut beberapa di antaranya:

Penulisan

Apple Intelligence membantu dalam menyempurnakan tulisan sehingga memastikan pengguna benar-benar mengekspresikan dirinya melalui kata-kata.

Fitur penulisan Foto: Apple

Misalnya saat kamu sedang menulis email. Apple Intelligence memungkinkan kita mengubah style penulisan isi email. Caranya:

  • Tulis pesan di aplikasi Email
  • Select semua pesan, akan ada ikon Apple Intelligence berwarna biru. Klik pada ikon tersebut
  • Akan muncul beberapa opsi gaya penulisan, yakni friendly, professional dan ringkas.
  • Apple turut menyediakan opsi Proofread. Jika ditekan Apple Intelligence akan mengecek tata bahasa pilihan kata, struktur kalimat
  • Ada pula Key Points akan menampilkan poin penting dalam email yang dibuat

Foto

Setiap dari kita pasti ingin mengabadikan momen terbaik. Namun kadang situasi di sekitar tak memungkinkan kita membuat foto yang sempurna.

Nah di sinilah Apple Intelligence bekerja. Hadir fitur Cleanup yang akan melenyapkan objek yang tidak diinginkan dalam foto hanya dalam sekali ketuk.

Apple Intelligence akan mengidentifikasi subjek utama foto, setelahnya akan memindai latar belakang. Jika ditemukan objek yang lain yang mengganggu akan dihapus.

Selain Cleanup, pengguna akan mendapatkan fitur baru bernama Memory Movie. Apple Intelligence bakal memahami siapa yang ada di pustaka foto.

apple intelligenceMemory Movie Foto: Apple

Kita tinggal meminta Photos membuat film sesuai deskripsi yang kita buat, misalnya ‘Liburan ke Bali bulan Maret lalu’. Seketika akan dihasilkan video singkat lengkap dengan judulnya, kita bisa menyimpannya di ponsel atau membagikannya lewat aplikasi pesan maupun mengungahnya di media sosial.

Siri

Tampilan Siri kini diperbarui. Jadi ketika berbicara pada Siri, kita akan melihat cahaya di pinggiran layar. Ini berarti pula Apple Intelligence sedang bekerja.

Siri dijanjikan penuturan yang lebih alami ini berkat kemampuan pemahaman bahasa yang lebih kaya. Sebagai contoh, “Setting alarm di pukul 05.00, eh salah pukul 05.30 saja”, Siri akan membuat alarm pukul 05.30 bukan 05.00.

Siri bisa suara ataupun teks. Foto: Apple

Siri juga dijanjikan mengingat pembicaraan. Misalnya menanyakan jadwal pertandingan Timnas di kualifikasi Piala Dunia, setelah menjawabnya kamu minta Siri menambahkannya ke kalender.

Berkat Apple Intelligence, Siri dibuat makin personal bagi penggunaan. Kamu bisa menanyakan apa saja, Siri akan mencari ke semua aplikasi.

Contoh, kamu menanyakan kapan pesawat ibu mendarat, Siri akan mencari infomasinya di seluruh aplikasi dan menampilkan jawabannya.

Kadang kala saat berada di ruang rapat atau perpustakaan, kita tidak diperkenankan mengeluarkan suara sedikit pun. Siri tetap dapat digunakan dengan cara mengetik. Cukup ketuk dua kali di bagian bawah layar, lalu ketik permintaan ke Siri.

Pernah ditanya anggota keluarga tentang setting atau masalah di iPhone? Kini Siri bisa membantu kamu. Apple Intelligence bikin Siri memahami fitur dan pengaturan perangkat sehingga bisa menjawab ribuan pertanyaan tentang produk Apple.

Siri terintegrasi ChatGPT Foto: Apple

Seperti diumumkan dalam sesi keynote, Siri kini terintegrasi dengan ChatGPT. Namun asisten digital ini tidak serta merta terhubung dengan ChatGPT secara langsung.

Penggunaan perlu menyetujui setiap perintah yang hendak ditanyakan pada layanan milik OpenAI itu. Ini demi menjaga privasi pengguna.

Selain menjawab segala hal, kamu bisa meminta Siri menggunakan ChatGPT untuk meringkas dokumen dan lain-lain.

Genmoji

Genmoji adalah fitur baru dari Apple Intelligence, memungkinkan pengguna untuk membuat emoji yang dipersonalisasi menggunakan deskripsi bahasa alami. Berbeda dengan emoji tradisional yang statis dan sudah ditentukan, Genmoji dibuat secara dinamis sesuai permintaan preferensi, dan konteks pengguna.

Untuk menggunakan Genmoji, kita cukup mendeskripsikan emoji yang ingin diciptakan, dan Apple Intelligence akan menghasilkan ikon digital yang unik dan personal tersebut. Tak hanya satu, ada beberapa variasi berbeda yang dihasilkan.

Kita bisa menggunakan Genmoji di Taptalk maupun Stiker di pesan instan. Apple telah menyediakan API untuk pengembang pihak ketiga dapat mengintegrasikan Genmoji ke dalam aplikasi mereka.

Genmoji Foto: Apple

Ketersediaan dan Perangkat

Apple Intelligence akan tersedia di pembaruan iOS 18, iPadOS 18 dan macOS Sequoia yang direncanakan bakal dirilis kuartal terakhir 2024. Namun tidak semua perangkat bakal bisa mencicipi fitur baru ini, berikut daftarnya:

  • iPhone dengan chip A17 Pro atau lebih baru (saat ini hanya iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max)
  • iPad dengan chip M1 atau lebih baru
  • Mac dengan chip M1 atau lebih baru

Simak Video “Fitur Baru macOS Sequoia, iPhone Mirroring hingga Game Baru
[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version