
Jakarta –
Denza sebagai sub brand premium dari BYD sudah hadir di Indonesia sejak Januari 2025. Kini brand asal China itu meresmikan empat dealer Denza sekaligus di Indonesia.
“Tonggak sejarah Denza di Indonesia hari ini kita membuka empat dealer Denza, bersama mitra kita: Arista, Haka, Harmony, dan Bipo,” kata Eagle Zhou selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia di Autograph Tower Thamrin Nine, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Seni (10/3/2025).
Keempat dealer Denza yang diresmikan secara simbolis itu berlokasi di tempat yang strategis, antara lain:
- Arista, BSD City, Tangerang Selatan, Banten
- Haka Auto Pluit, Jakarta Utara,
- Harmony Kelapa Gading,Jakarta Utara
- Bipo, Denpasar, Bali
Salah satu mitra dealer dari Denza, Arista mengatakan merek premium tersebut sudah diterima dengan baik. Para konglomerat disebut puas dengan kualitas dari Denza D9.
“Denza sangat bisa diterima, baik pricing, kualitas showroom, manpower itu tepat sasaran dengan market Indonesia,” kata Chairman Arista Group, Hartono Sohor.
Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan mengatakan dealer Denza akan berdiri sendiri, berbeda dengan dealer reguler BYD. Hal ini juga dilakukan brand premium lain di Indonesia, misalnya Toyota dan Lexus.
Luther bilang dealer Denza mayoritas akan berdiri di pusat Ibu Kota. Jumlah dealer Denza akan lebih sedikit dari BYD. Khusus merek BYD diketahui punya target 80 titik di Indonesia pada tahun 2025.
“Tidak lepas kemungkinan di kota-kota lainnya di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, khususnya di Ibu Kota-nya. Itu yang kita sasar di Denza ini. Jumlahnya tidak sebanyak brand reguler,” ujar Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan.
Keempat showroom Denza yang diresmikan ini dirancang dengan luas yang bervariasi, mulai dari 1.200 m² hingga lebih dari 3.700 m².
Beberapa fasilitas yang tersedia untuk brand mewah ini antara lain stasiun pengisian listrik di setiap showroom, area parkir khusus bagi unit EV yang sedang melakukan pengisian daya. Lanjut area pameran yang luas dapat menampilkan hingga 5-6 unit kendaraan.
Fasilitas lainnya mencakup ruang tunggu premium dengan minibar, akses Wi-Fi, serta kursi ergonomis untuk kenyamanan maksimal. Selain itu, tersedia area konsultasi dan penjualan yang interaktif, ruangan service reception, ruang VIP eksklusif, serta bengkel dan area servis modern yang siap melayani kebutuhan perawatan kendaraan listrik pelanggan.
(riar/dry)