Jumat, Juli 5


Jakarta

, salah satu kota populer di Spanyol yang kebanjiran turis setiap tahunnya. Sekarang mereka dihadapkan pada overtourism dan akan menaikkan pajak turis.

Dilansir dari euronews, Selasa (2/7/2024) pajak turis Barcelona adalah salah satu yang paling cepat kenaikannya di Eropa. Terdapat dua pajak di Barcelona yaitu pajak turis dan pajak kota.

Pajak turis saat ini

Pada tahun 2022, pemerintah kota mengumumkan bahwa pajak kota akan dinaikkan selama dua tahun ke depan. Pada bulan April tahun ini, naik dari €2,75 menjadi €3,25.


Traveler yang datang ke Barcelona harus membayar pajak turis regional dan pajak kota. Untuk pajak regional bervariasi tergantung pada jenis akomodasi tempat Anda menginap.

Untuk hotel bintang empat biayanya €1,70 dan untuk akomodasi sewa seperti Airbnb biayanya €2,25. Sedangkan untuk hotel bintang lima dan mewah biayanya €3,50.

Penumpang kapal pesiar yang menghabiskan waktu kurang dari 12 jam di kota membayar €3 ke wilayah tersebut. Sedangkan mereka yang menghabiskan lebih dari 12 jam membayar €2.

Sedangkan pajak kota dikenakan bila menginap maksimal malam. Saat ini ditetapkan sebesar €3,25 per malam untuk sebagian besar pengunjung dan €4 untuk mereka yang tinggal di apartemen wisata atau singgah dengan kapal pesiar kurang dari 12 jam.

Kenaikan pajak turis

Mulai Oktober 2024, pengunjung Barcelona harus membayar €4 atau Rp70.000 ke kota selain pajak turis regional. Itu berarti tamu di akomodasi bintang lima akan membayar total €7,50 (Rp 132.000) per malam, dan €52,50 ( Rp 923.000) per orang untuk menginap seminggu. Jumlah ini naik dari €47,25 (Rp 831.000 ) saat ini.

Kota ini dikunjungi rata-rata 32 juta pengunjung per tahun, banyak di antaranya datang dengan kapal pesiar. Walikota mengatakan bahwa tujuan dari kenaikan pajak turis ini untuk mendorong pariwisata berkualitas dalam jumlah besar dan membayar biaya seperti pembersihan dan keamanan.

Wilayah Spanyol yang terapkan pajak turis

Selain Barcelona, beberapa spot wisata populer di Spanyol juga memberlakukan pajak turis. Kepulauan Balearic (Mallorca, Menorca, Ibiza, Formentera), mengenakan biaya per malam sebesar €1-4 untuk setiap wisatawan berusia 16 tahun.

Mereka memakai istilah Pajak Pariwisata Berkelanjutan yang nantinya digunakan untuk mempromosikan praktik pariwisata yang lebih baik dan melestarikan alam pulau-pulau tersebut.

Valencia berencana menerapkan kebijakan serupa pada akhir tahun lalu, namun dibatalkan setelah pemilu 2023. Wisatawan akan membayar antara 50 sen dan €2 per malam hingga tujuh malam.

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version