Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente menilai tanggung jawab mengistirahatkan pemain bukan ada di timnas. De la Fuente melontarkan pernyataan ini di tengah meningkatnya cedera pemain.

Makin padatnya jadwal pertandingan jadi sorotan sejumlah pemain belakangan ini. Banyaknya jumlah pertandingan yang harus dimainkan dinilai tidak mempertimbangkan kesehatan pemain.

Pada jeda internasional kali ini, Spanyol sendiri kehilangan enam pemain dari tim yang jadi starter di final Euro 2024 karena cedera. Dua di antaranya adalah Rodri dan Dani Carvajal yang mengalami cedera parah.


Sorotan juga mengarah ke menit bermain Lamine Yamal di klub dan timnas. Kendati demikian, De la Fuente memberi indikasi tidak akan mengistirahatkan Yamal saat menghadapi Denmark dan Serbia.

De la Fuente menilai tanggung jawab mengelola menit bermain pemain bukan ada di timnas. Menurutnya, klub yang menghabiskan waktu lebih banyak bermain pemain lah yang seharusnya mengatur menit bermain.

“Saya bicara dengan Lamine, dia masih muda dan kami harus mengelola menit bermain setiap pemain, tapi sulit di tim nasional,” ujar De la Fuente seperti dilansir ESPN.

“Lebih mudah kalau kami menghadapi 70 pertandingan (dalam satu tahun), tapi saya punya dua bulan dan kami memainkan kualifikasi di setiap pertandingan.”

“Ada studi FIFA yang mengatakan bahwa pertandingan yang dimainkan pemain bersama tim nasional itu cuma 3,5% dari pertandingan.”

“Jadi saya kira tanggung jawab untuk mengatur menit bermain itu tidak ada di tim nasional. Seharusnya jadi tanggung jawab mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu bersama pemain,” katanya.

(nds/ran)

Membagikan
Exit mobile version