Selasa, September 24


Jakarta

Menurunnya daya beli membuat orang Indonesia jadi ekstra hati-hati dalam membeli mobil. Toyota yang sudah memiliki reputasi baik mendapat nilai plus dari fenomena ini.

Daya beli masyarakat Indonesia tengah menurun. Salah satu dampak yang terasa adalah menurunnya penjualan mobil. Masyarakat jadi ekstra hati-hati mengeluarkan uangnya, khususnya untuk membeli mobil. Chief Marketing Auto2000 Yagimin mengungkap, untuk membeli mobil pun pertimbangannya jadi lebih banyak.

“Kalau butuh mobil, dasarnya apa yang sudah punya reputasi bagus, mereknya, kedua aftersales terjamin, yang ketiga resale value bagus,” ungkap Yagimin ditemui belum lama ini.


Kendati demikian, atas dasar pertimbangan itu, Toyota justru ‘ketiban untung’. Mobil-mobil Toyota, kata Yagimin, sudah memiliki reputasi yang bagus. Layanan purnajualnya pun sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini justru membuat konsumen tidak ragu saat hendak meminang mobil Toyota.

“Karena orang Indonesia itu mostly beli mobil tidak hanya sekadar dipakai tapi juga dipikirkan ini adalah investasi yang bisa dijual cepat dan menghasilkan uang sehingga ada kecenderungan masyarakat memilih produk yang lebih secure. Beruntung di sini, Toyota cukup kuat, secara reputasi maupun brand image,” lanjut Yagimin.

Secara keseluruhan, penurunan penjualan tak terlalu berdampak besar terhadap penjualan mobil Toyota. Dari sisi pangsa pasar pun Toyota masih unggul dibandingkan merek-merek lainnya.

Adapun untuk tahun ini, penjualan mobil di Indonesia diramal tak sampai 1 juta unit. Sebelumnya, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, secara hitung-hitungan kasar, penjualan mobil di Indonesia hanya mentok di 900 ribu unit.

“Kita lihat penjualan sampai Juli, kemudian Agustus meskipun tidak turun tapi masih stabil. Kita lihat market Agustus dan bulan sebelumnya agak mirip. Hitung-hitungan kita kayaknya agak sulit mencapai 1 juta, ya harapannya mencapai 900 ribu lah,” ungkap Anton di kesempatan terpisah.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version