Kamis, November 28

Jakarta

Kini berjualan melalui platform online kian diminati oleh sebagian masyarakat. Berjualan online dianggap lebih mudah dan praktis, tanpa harus bertemu konsumen secara langsung.

Namun, dalam realitanya berjualan melalui platform online tidak segampang yang dibayangkan. Adapun salah satu kisah penjual online yang memiliki perjalanan panjang dalam menekuni jual beli melalui platform online, yakni Dwi Christine. Ia merupakan salah seorang warga Bandung yang memulai bisnis online di bidang fesyen dengan brand yang bernama CDC sejak tahun 2012.

Dalam bisnis yang dijalaninya, ia menjual berbagai macam produk pakaian sebagai reseller melalui platform Blackberry Messenger (BBM). Produk yang ia tawarkan saat itu dibanderol dengan harga terjangkau, mulai dari harga Rp 30.000 hingga di bawah Rp 100.000.


Selain itu, antara tahun 2013 dan 2018, CDC memasarkan produknya lebih luas lagi dengan memasarkannya melalui Instagram. Rangkaian produk yang Christine tawarkan tetap sama, tetapi upaya pemasaran menjadi lebih profesional. Ia memanfaatkan foto produk berkualitas lebih tinggi untuk menarik daya beli dari konsumen.

Diketahui pada tahun 2016, Christine membuka toko fisik di Bandung yang beroperasi hingga tahun 2022. Hal ini memungkinkan Christine dapat menjangkau pelanggan secara langsung dan memperluas kehadirannya di pasar. Selanjutnya, di tahun 2018, CDC memperluas penjualannya ke E-Commerce, sambil tetap memproses pesanan secara manual di kedua Instagram dan platform online.

Selanjutnya, CDC mulai berjualan di TikTok Shop pada tahun 2021. Christine mengembangkan strategi pemasaran yang unik untuk TikTok dengan fokus pada streaming langsung dan teknik penjualan yang menarik daripada mengandalkan foto yang dipoles secara estetis.

“Strategi pemasarannya menekankan pada karisma pembawa acara dan dan penyampaian yang menarik, yang mengarah pada peningkatan penjualan yang luar biasa,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/11/2024).

Melalui TikTok Shop, CDC berhasil menetapkan ‘Minci’ sebagai nama panggung mereka di Live Streaming, yang kemudian dikenal karena kepribadian Christine yang ceria, produk yang kuat dan inovasi produk harian.

“Elemen-elemen ini membuat pelanggan tetap setia dan mendorong pembelian berulang,” lanjutnya.

Pada tahun 2024, CDC mengalami pertumbuhan yang signifikan di TikTok Shop dengan penjualan meningkat sebesar 127% pada Q3 2024 dibandingkan dengan Q2 2024. Diketahui, pengikut di akun TikTok Shop CDC pada awal tahun 2024 sebanyak 996.985 ribu pengikut. Kini per 18 November 2024, CDC telah memiliki 1.575.628 juta pengikut dengan kenaikan jumlah pengikut sebesar 58%.

Selain itu, CDC juga mengalami pertumbuhan positif di Q4. Pasalnya, CDC mengadopsi sistem untuk merampingkan operasi dengan mempertahankan tim yang terdiri dari sekitar 30 staf internal. Dimana, pada awal tahun 2024 CDC telah mempekerjakan 65 penjahit yang diserap dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya untuk bekerja penuh sepanjang tahun sebagai penjahit.

Adapun CDC saat ini telah mempekerjakan lebih dari 100 penjahit di Bandung dan Jakarta untuk memenuhi permintaan produksi yang terus meningkat. Christine melalui CDC juga mempunyai rencana ke depan dalam mengembangkan dan memperluas jangkauan bisnisnya agar semakin banyak dikenal oleh masyarakat.

Christine mengaku ingin memperluas jumlah akun untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan jumlah host, menawarkan peluang afiliasi, memungkinkan orang untuk menjual produk CDC tanpa perlu toko online sendiri dan meningkatkan kapasitas produksi untuk mendukung peningkatan permintaan.

“Terus merekrut host untuk mendorong pertumbuhan penjualan dan mengimbangi kapasitas produksi dan tetap mengikuti tren mode yang dinamis agar tetap relevan di pasar,” tuturnya.

Ia juga berharap melalui strategi-strategi yang ia terapkan dapat terus membuat CDC semakin berkembang dan memperluas jangkauan penjualannya.

“Dengan strategi-strategi ini, CDC siap untuk terus berkembang, beradaptasi dengan perubahan tren, dan meningkatkan jangkauan dan efisiensinya di pasar ritel fesyen,” pungkasnya.


(akd/ega)

Membagikan
Exit mobile version