Senin, September 23

Jakarta

Berbagai makanan Nusantara yang diolah dengan cara diasap dapat ditemukan di restoran ini. Menu-menunya diasap selama 1-2 jam hingga menghasilkan sensasi smokey yang bikin nagih.

Gading Serpong menjadi salah satu kawasan yang dipenuhi beragam kuliner. Di sini kamu bisa menemukan restoran menu Barat, coffee shop, dessert cafe, sampai restoran khas Nusantara.

Jika ingin menikmati hidangan Nusantara, coba mampir ke Dapoer Asap. Mereka menawarkan sejumlah olahan iga, ayam, ikan, sampai udang yang dapat diolah dengan cara digoreng maupun diasap.


Namun, olahan paling spesialnya adalah diasap. Hasilnya, aroma dan rasa smokey sedap dengan bumbu-bumbu lebih meresap sampai ke dalam bahan makanan.

Restorannya menempati bangunan ruko dua lantai, bisa disambangi oleh lebih dari 50 pengunjung. Namun, jika ingin makan bersama keluarga besar, bisa duduk di lantai dua yang punya area lebih luas.

Area makan lantai dua di restoran Dapoer Asap. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Semua area makannya juga full indoor dan ber-AC, sehingga pelanggan lebih nyaman menikmati hidangan di tempat ini.

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat Makan Dapoer Asap
Alamat Jl. Ir. Sukarno No.28, Gading, Kec. Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
Instagram @dapoerasap.gs
Jam Operasional 11.00 – 21.00 WIB
Estimasi Harga Rp 5.000 – Rp 58.000
Tipe Kuliner Hidangan Nusantara
Fasilitas
  • Ruangan indoor AC
  • Tempat Parkir
  • Toilet

1. Proses pengasapan selama 2 jam dalam tong

Lauk pauk di sini melalui proses pengasapan di dalam tong besar seperti ini selama 1-2 jam. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Kalau ke sini jangan lewatkan menu asap yang spesial. Beberapa menu yang bisa diolah dengan cara diasap adalah ayam gurih, ayam madu, iga, lele, nila, hingga udang. Aneka lauk pauk itu akan diasap di dalam tong besar berwarna hitam. Prosesnya kurang lebih 1 sampai 2 jam dengan suhu tinggi.

Setiap harinya mereka akan melakukan proses pengasapan selama 3 kali. Pertama pada pagi hari, kedua sebelum makan siang, dan ketiga pada sore hari.

Proses pengasapan dalam tong besar ini pun berhasil membuat citarasa smokey pada bahan makanan lebih keluar dan bumbunya meresap sampai ke dalam.

2. Iga Asap yang smokey berempah

Salah satu menu andalan di Dapoer Asap yaitu Iga Asapnya. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Kalau mau puas dan komplet, bisa pesan menu paket. Rata-rata semua lauk pauknya bisa dipesan dalam bentuk paket, yang sudah lengkap dengan nasi, tahu dan tempe goreng, lalapan, dan sambal. Sambalnya juga bisa pilih antara sambal bawang, sambal terasi, atau sambal hijau.

Salah satu menu yang jadi andalan di restoran ini yaitu iga asap. Kami memesan Paket Iga Asap (Rp 58,182).

Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, pesanan iga asap ini datang dengan tampilan yang sangat menggugah selera. Tentu aroma smokey dari proses pengasapannya juga langsung tercium.

Ada tiga potong iga lumayan besar. Daging iganya tebal dan punya potongan tulang kecil. Daging iga itu sebenarnya juga sudah terlepas sendiri dari tulangnya.

Tidak butuh tenaga besar untuk menggigit atau merobek daging iga ini karena teksturnya sangat lembut. Bumbunya tidak sekadar kecap saja, tetapi kami juga merasakan bumbu rempah lainnya, seperti lengkuas dan ketumbar. Bumbu ini meresap ke dalam daging iga. Sentuhan aroma smokeynya juga membuat iga asap ini semakin sedap.

Dimakan begitu saja sudah enak, tetapi kalau butuh sentuhan rasa pedas, bisa dicocol ke sambal. Kami memilih sambal terasi sebagai pendamping iga asap.

Aroma terasinya tidak begitu kuat, tetapi cocok dipadukan dengan iga asap ini. Rasa pedasnya juga menurut kami pas, dengan sedikit sentuhan rasa manis gurih.

Kelezatan ayam madu asap hingga lauk pelengkap lain bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Cuma di Sini, Makan Nasi Padang Gratis Ceker Sepuasnya!
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version