Sabtu, September 14


Jakarta

Sebelum berkendara, sebaiknya mesin mobil dipanaskan terlebih dahulu. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko kerusakan mesin, mengisi daya aki, dan mengecek kondisinya.

Meski begitu, kamu perlu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mobil. Jangan sampai terlalu lama memanaskan mobil, sebab nantinya bisa memberikan dampak yang buruk.

Dampak Terlalu Lama Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika dipanaskan terlalu lama, berikut dampak yang bisa terjadi:


1. Memberi Efek Negatif pada Lingkungan

Terlalu lama memanaskan mobil bisa membawa dampak negatif pada lingkungan. Proses pembakaran bahan bakar ketika memanaskan mobil menghasilkan karbon monoksida dan nitrogen oksida, yang meningkatkan polusi udara di lingkungan sekitar.

2. Membuat Dinding Silinder Mengering

Menurut laman Suzuki, mobil yang terlalu lama dipanaskan dalam kondisi idle atau tidak jalan akan membuat pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar. Dampak buruknya adalah ruang silinder yang tepatnya di bagian dinding akan mengering.

Penyebabnya adalah sisa bahan bakar tidak terbakar dan malah menempel pada dinding silinder. Efek ini membuat minyak pelumas tidak bekerja melumasi bagian dinding.

3. Pembentukan Karat di Knalpot

Gas buang yang dihasilkan mesin mobil mengandung uap air. Terlalu lama memanaskan mobil akan membuat uap air berkumpul di pipa knalpot dan mempercepat proses pembentukan karat.

4. Boros Bensin

Mengutip laman Astra Daihatsu, saat mobil dalam kondisi stasioner dan terus dipanaskan, mesin akan terus mengkonsumsi bensin tanpa alasan yang jelas. Hal tersebut sebanding dengan kondisi mobil yang terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Tentunya proses ini akan membuat boros bensin.

Berapa Lama Waktu yang Baik untuk Memanaskan Mobil?

Untuk jenis mobil biasa, waktu yang tepat untuk memanaskan mobil adalah 10-15 menit. Sementara untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi injeksi, waktu memanaskan mobil hanya 30 detik sampai 1 menit.

Menurut laman Nissan, kamu bisa mengetahui kesiapan mesin dengan melihat indikator temperatur mesin. Jika mesin sudah siap, jarum temperatur akan naik perlahan menuju posisi tengah.

Itulah penjelasan mengenai dampak memanaskan mobil terlalu lama. Jadi, pastikan kamu memanaskan mobil dalam durasi yang tepat ya detikers.

(row/row)

Membagikan
Exit mobile version