Kamis, September 19

Jakarta

Pada 10 September lalu, Apple resmi meluncurkan iPhone 16 series. Bersamaan dengan itu, raksasa teknologi asal Cupertino ini suntik mati sejumlah perangkat lamanya.

Artinya perangkat tersebut tidak dijual lagi di toko-toko Apple seluruh dunia. Pasalnya keberadaannya sudah digantikan dengan generasi terbaru.

Penasaran perangkat apa saja? Simak daftarnya di bawahh ini:


iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 Pro Max Foto: Bloomberg via Getty Images/Bloomberg

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max diluncurkan tahun lalu. Sejatinya HP ini masih mumpuni secara spesifikasi, bahkan mendukung Apple Intelligence.

Namun Apple memutuskan menghentikan produksi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dan memajang kedua HP ini di tokonya. Langkah ini diambil untuk memberikan ruang bagi seri iPhone 16 yang lebih baru dan canggih.

iPhone 13

iPhone 13 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Apple memperkenalkan iPhone 13 pada tahun 2021, dengan sejumlah peningkatan, termasuk daya tahan baterai yang lebih lama, sistem kamera baru, dan notch yang lebih kecil. Awalnya dibanderol USD 799 (Rp 12 jutaan), namun selama tiga tahun HP ini sudah mengalami pemotongan harga mencapai level terendah USD 599 sebelum dihentikan.

Sekarang, iPhone 14 telah mengambil tempat 13 pada titik harga USD 599 atau Rp 9,2 juta.

Apple Watch Series 9

Apple Watch Series 9 tak lagi dipajang di toko Apple. Sebagai gantinya kini ditampilkan Apple Watch Series 10.

Smartwatch ini menawarkan wujud baru. Layarnya lebih besar, speaker baru, dan finishing Jet Black. Baja Tahan Karat juga diganti dengan titanium.

Apple Watch Series 9 Foto: Getty Images/Justin Sullivan

AirPods Max Lightning

Apple turut memperkenalkan AirPods Max baru. Secara spesifikasi masih sama, namun kini ada pilihan warna anyar dan port USB-C untuk koneksi.

Kehadiran AirPods Max baru ini otomatis menggantikan versi awa; yang menggunakan pot lightning.

AirPods 2 dan 3

Apple memperkenalkan AirPods 2 pada tahun 2019, dan terus menjualnya bahkan setelah memperkenalkan AirPods 3 pada tahun 2021. Namun, Apple memperkenalkan pengganti untuk kedua model ini dengan dua varian baru AirPods 4.

AirPods 4 termurah mulai dari USD 129 (Rp 1,9 juta), dan memiliki audio spasial, chip H2, dan desain yang lebih baru. Ada juga AirPods 4 yang mencakup peredam bising aktif dibanderol USD 179 (Rp 2,7 juta).

AirPods 3 Foto: Apple

Casing iPhone FineWoven

Apple meluncurkan casing FineWoven mereka yang sangat kontroversial dengan iPhone 15 tahun lalu, sebagai pengganti kulit yang “ramah lingkungan”. Itu dimaksudkan untuk menjadi bahan kain yang terasa premium, tetapi benar-benar meleset dari sasaran.

Kasing tersebut terlalu mudah tergores, dan pada akhirnya gagal untuk memuaskan sebagai produk premium. Apple tampaknya mengakui hal ini, dan casing iPhone FineWoven tidak ada lagi untuk model iPhone 16.

Namun, mereka menyimpan dompet MagSafe FineWoven dan tali jam Apple Watch.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version