Kamis, Oktober 24

Jakarta

Makanan yang rutin diasup punya peran dalam kadar kolesterol darah. Jika kadar kolesterol darah kamu tinggi, sebaiknya hindari konsumsi 11 makanan enak ini.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di dalam tubuh manusia dan dalam produk hewani, seperti daging, telur, dan susu. Senyawa yang seperempatnya diproduksi oleh sel-sel hati ini berguna untuk membangun membran sel, menjalankan fungsi otak dan saraf, produksi hormon, penyerapan vitamin D, dan produksi empedu.

Melansir dari Everyday Health, ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yakni high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat. Kardiologis, Bruce Andrus mengatakan bahwa kolesterol penting bagi tubuh.


“Kolesterol adalah hal penting bagi sel-sel tubuh manusia,” ujar Andrus, dikutip dari Everyday Health, Jumat (18/10/2024).

Meskipun bermanfaat bagi tubuh, kadar kolesterol perlu dijaga. Sebab, kadar LDL yang tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah penyakit, seperti risiko penyakit jantung, stroke, hingga memburuknya sirkulasi darah.

Mengutip dari Healthline, setidaknya ada 11 makanan yang terbagi atas tujuh makanan sehat dengan tingkat kolesterol tinggi dan empat makanan yang wajib dihindari untuk mencegah melonjaknya LDL di dalam tubuh. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Telur

Telur rebus menyehatkan tetapi mengandung kolesterol tinggi, sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Foto: Istimewa

Telur adalah salah satu makanan andalan bagi banyak orang karena mengandung banyak protein dengan harga yang tergolong murah per butirnya. Namun, ternyata telur mengandung kolesterol tinggi meskipun kaya akan protein. Menurut FoodData Central, satu butir telur seberat 50 gram mengandung 207 mg kolesterol.

Sebuah studi yang dipublikasikan Foods pada 2021 menemukan bahwa telur tidak meningkatkan kadar kolesterol dan memakan telur utuh dapat meningkatkan HDL. Namun, beberapa studi lain juga menemukan bahwa sering mengonsumsi telur juga bisa meningkatkan LDL.

Jika kamu tidak memiliki kadar kolesterol tinggi, para ahli mengatakan bahwa makan satu butir telur per hari masih aman.

2. Keju

Keju juga disebut mengandung 20 mg kolesterol. Foto: Getty Images/iStockphoto

Food Data Central mengungkapkan bahwa satu lembar keju Swiss mengandung 20 mg kolesterol, kalsium, dan nutrisi lainnya.

Sementara itu, studi selama 12 hari yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi 80 gram keju berlemak penuh setiap hari tidak meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh jika dibandingkan dengan jumlah keju rendah lemak.

3. Kerang-kerangan

Kerang-kerangan juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Foto: Getty Images/EzumeImages

Kerang-kerangan, termasuk remis, kepiting, dan udang merupakan sumber protein, vitamin B, zat besi, dan selenium yang baik. FoodData Central menemukan bahwa udang kalengan seberat 85 gram mengandung 214 mg kolesterol.

Studi yang dipublikasikan Adv Food Nutr Res menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan laut dapat mengalami peningkatan kesehatan kognitif, visual, dan kardiovaskular.

Daftar makanan enak tinggi kolesterol ada di halaman beirkutnya!

Membagikan
Exit mobile version