Selasa, Juli 2


Jakarta

Meskipun telah tiada di tahun 2008 silam Mak Erot, pakar pengobatan tradisional kebugaran pria telah mewariskan kemampuannya kepada anak dan cucunya. Konon, hanya ahli waris asli yang menguasai kemampuan tersebut, penggunaan tanaman obat, praktik spiritual, dan metode penyembuhan melalui pijatan khas.

Baban Saepudin misalnya, ia adalah cucu dari Mak Erot, ia pernah menjadi asisten langsung Mak Erot di tahun 90 – 2000-an kala melakukan perjalanan pengobatan atas undangan sejumlah pasien di beberapa kota besar di Indonesia. Ia mengisahkan banyaknya warga Indonesia yang terjebak dengan praktik Mak Erot abal-abal.

“Abal-abal di sini maksudnya yang menjual nama Mak Erot padahal bukan. Pada praktiknya mereka ini menggunakan bahan kimia, suntikan hingga alat vakum untuk memenuhi keinginan mereka yang datang. Ini sebenarnya salah, karena mereka yang mewarisi kemampuan nenek saya itu tidak pernah pakai kimia atau alat, semuanya alami dengan pijatan dan bahan herbal,” tutur Baban saat ditemui detikcom di kediamannya, Kampung Cigenteng, RT 01 RW 07, Desa/Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.


Baban menceritakan pengalamannya kerap didatangi korban yang mengaku telah mendatangi Mak Erot namun hasilnya tidak memuaskan. Saat dicek oleh Baban, ternyata yang didatangi orang tersebut bukanlah praktisi pengobatan alat vital Mak Erot asli yang diwarisi keturunannya. Baban menyebut nama salah satu kota di Jawa Tengah.

“Ia di daerah Jawa Tengah, yang datang ini mengaku menjalani pengobatan tradisional yang katanya asli, namun hasilnya malah tidak karu-karuan, bengkak kemudian luka. Ini tentu berbahaya karena ternyata itu hasil vakum dan suntikan,” ujar Baban.

“Setelah saya jelaskan, akhirnya mereka mengerti. Sampai kami perbaiki kondisinya kami pijat dan urut, kami berikan ramuan herbal. Itu tidak cukup satu kali untuk memulihkan karena harus rutin dan beberapa kali perawatan karena kondisi sebelumnya rusak akibat penggunaan bahan kimia,” sambung Baban.

Baban mengaku bangga meneruskan kemampuan neneknya dahulu, pengobatan tradisional yang ia jalankan kini itu sudah menolong banyak pria.

“Niat kami menolong, mereka yang punya keluhan impotensi dan sudah menjalani pengobatan konvensional namun tidak juga pulih mungkin bisa menjajal cara tradisional. Mungkin bagi sebagian orang tidak instan, ada yang beberapa kali, namun ada juga yang langsung paten begitu datang satu kali,” tuturnya.

Baban juga membuka ruang komunikasi dan konsultasi dengan mereka yang ingin datang namun segan, ruang konsultasi itu menurut Baban juga digunakan untuk memvalidasi keturunan Mak Erot asli.

“Bisa menghubungi saya di nomor 081388118662, 081280250669 dan untuk alamat peta bisa di 081311573476. Silahkan bagi yang ingin sekadar komunikasi bisa di nomor itu, karena banyak yang terjebak dengan mereka yang mengatasnamakan Mak Erot,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di detikjabar

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version