Selasa, Juli 2


Jakarta

Untuk mengisi waktu libur sekolah, masyarakat Jakarta dan sekitarnya banyak yang memilih Ancol sebagai destinasi liburan. Para pedagang pun kebanjiran cuan!

Lokasi yang tak terlalu jauh dan banyak pilihan rekreasi jadi faktor mengapa Ancol masih jadi favorit. Meningkatnya pengunjung, tentu membawa angin segar bagi para pedagang yang berjualan di area pantai.

Salah satu pedagang yang mendapatkan kenikmatan itu adalah Suyadi. Sudah lama ia berjualan mainan di kawasan pantai Ancol. Bahkan, ia menyebut telah berjualan sejak tahun 1997.


Sedari dulu pula, ia tekun berjualan mainan. Di libur sekolah seperti saat ini, penghasilan per harinya bisa menyentuh satu juta rupiah, terkhusus weekend dan pengunjungnya begitu ramai.

“Ada perbedaan sih, perbedaannya soal rame tapi kalau dari penghasilan kadang nggak tentu juga. Untuk sekarang lumayan lah, tapi gak tentu juga sih kadang dapat lima ratus kadang juga satu juta,” papar Suyadi kepada detikTravel, Sabtu (29/6/2024).

Musim Libur Sekolah, Pedagang di Ancol Cuan Foto: Muhammad Lugas Pribady/detikTravel

Jika di hari biasa dan bukan di momen libur sekolah, penghasilan yang biasa ia kantongi berkisar di angka Rp 200.000. Serupa dengan Suyadi, Abdul yang menyediakan jasa penyewaan tikar, secara penghasilan di libur sekolah ini ikut meningkat.

Dirinya mengatakan di libur sekolah penghasilan dalam seharinya bisa mencapai Rp 200.000, Abdul biasa menawarkan sewa tikar ini kepada pengunjung yang ingin bermain di pantai dan tidak membawa alas untuk duduk, atau pun sebagai tambahan alas jika pengunjung kekurangan.

Harga sewa tikar bambu itu dibanderol Rp 25.000 dan tidak ada batasan waktu, jadi dalam sekali sewa pengunjung dapat menggunakannya seharian.

“Beda kalau hari biasa mah sepi ya kalau hari-hari (libur) begini rame. Paling libur gini dapet dua ratus, kalau hari biasa mah cepean,” kata Abdul sembari menjajakan tikarnya.

Sedari pagi Pantai Lagoon Ancol ini dipadati oleh para pengunjung yang membawa keluarganya, walaupun cuaca tak menentu di hari itu mereka dengan antusias menikmati suasana pantai.

Musim Libur Sekolah, Pedagang di Ancol CuanMusim Libur Sekolah, Pedagang di Ancol Cuan Foto: Muhammad Lugas Pribady/detikTravel

Ketika hujan turun pun tak membuat kesenangan mereka luntur. bahkan ada beberapa pengunjung yang tak berpindah walaupun dibasahi hujan.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti bermain air, bermain pasir, duduk santai hingga mengelilingi Ancol menggunakan perahu. Dan yang tak boleh dilupakan di momen liburan bersama keluarga adalah makan bersama.

Rida beserta keluarganya tengah lahap menyantap hidangan yang telah ia bawa dari rumah. Ia memboyong keluarganya dari Tangerang untuk menikmati libur sekolah di Ancol ini.

“Ini buat menghemat uang juga jadi bawa makan dari rumah, terus kalau mau nambah juga kan tinggal nambah. Iya ini saya sekeluarga dari Tangerang pengen ke sini karena anak saya juga suka kalau di ajak ke sini,” katanya.

Hingga matahari terbenam, suasana pantai masih saja ramai. Bahkan ada beberapa pengunjung yang baru datang. Ancol memang banyak jadi pilihan liburan sekolah.

Tinggal pilih destinasi mana yang akan dituju, karena dalam satu kawasan yang luas ini, terdapat banyak tempat yang bisa dijadikan tempat liburan.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version