Kamis, Oktober 3

Jakarta

Kata ‘Santai’ dan kalimat ‘Minggir Lu Miskin’, sempat menjadi andalan IShowSpeed ketika menenangkan penggemarnya di Indonesia. Menariknya, ‘Cristiano Ronaldo’ tahu lho arti dari salah satu ucapan tersebut.

Namun ‘Cristiano Ronaldo’ yang dimaksud hanyalah sebuah Artificial Intelligence (AI). Lebih tepatnya, sebatas suaranya saja yang mirip dengan bintang sepakbola berkebangsaan Portugal ini.

Kecanggihan AI Cristiano Ronaldo itu terungkap, saat streamer kondang IShowSpeed menjajalnya, atas arahan penontonnya ketika sedang live streaming pada 1 Oktober 2024. Awalnya salah satu penontonnya mengklaim, kalau dirinya bisa berbicara dengan idolanya tersebut, dari website yang direkomendasikan oleh penonton.


Kemudian IShowSpeed membuka link yang diberikan. Pria berusia 19 tahun ini pun langsung menelpon AI Ronaldo yang dipilihanya, pantauan detikINET dari YouTube IShowSpeed, Kamis (3/10/2024).

Dirinya terkejut dengan kecanggihan website ini. Sederet jawaban yang diberikan AI Ronaldo membuat IShowSpeed begitu bahagia, ya, meskipun ini hanya pura-pura.

Setelah banyaknya pembahasan, perbincangan IShowSpeed dan AI Ronaldo akhirnya sampai kepada pertanyaan terkait ‘Santai’ dan ‘Minggir Lu Miskin’. Youtuber yang memiliki 32,2 juta subscriber ini ingin memastikan apakah Ronaldo versi AI punya pengetahuan luas soal Indonesia.

“Apakah kamu tau arti santai, sebuah kata dari Indonesia?” tanya IShowSpeed.

“Kamu ngomong apa?” jawab AI Ronaldo.

AI Ronaldo memang tidak langsung menjawabnya, karena ia bingung dengan ucapan Speed yang tidak terlalu jelas. Namun setelah streamer ini menegaskan kata yang dimaksud, AI Ronaldo baru mengerti.

“Oh ya, aku tau arti santai. Cuma kamu salah mengucapkannya tadi. Makanya tadi aku bingung,” kata AI Ronaldo.

“Itu bukan sometime tapi santai, maksudnya relax dan basically just chill out,” lanjutnya.

Mendengar jawaban itu, tentu membuat IShowSpeed sangat terkejut. Ia penasaran kenapa AI ini bisa mengetahuinya.

“Aku sudah ke sana (Indonesia) beberapa kali. Sudah pasti aku tau arti kata santai,” tegas AI Ronaldo.

Namun ketika ditanya arti ‘Minggir Lu Miskin’, AI Ronaldo keliru mengungkapkan pengertiannya. Menurutnya kalimat ini merupakan Bahasa Jawa dan punya arti yang kurang lebih serupa dengan ‘Santai’.

Potongan video streaming-nya saat berbincang dengan AI Ronaldo pun ramai di media sosial. Tak sedikit yang membagikannya di Instagram atau X.com (tadinya Twitter).

(hps/fay)

Membagikan
Exit mobile version