Kamis, Mei 16


Lumajang

Jika melintasi Lumajang jangan lupa mencicipi durian mentega. Durian unggulan di sini dagingnya tebal dengan rasa creamy legit yang bikin nagih!

Buah durian tumbuh subur di lereng Gunung Semeru yang berada di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Wilayah ini pun menjadi salah satu sentra durian Lumajang.

Saat musim panen tiba seperti saat ini, durian yang paling banyak diburu warga adalah durian mentega. Dinamakan durian mentega karena daging durian berwarna kekuningan seperti mentega.


Durian ini memiliki kelebihan dibandingkan durian lokal jenis lain. Dagingnya lebih tebal dan creamy serta rasanya lebih manis dan legit. Sejumlah pembeli dari luar Lumajang berdatangan untuk menikmati durian khas lereng Gunung Semeru ini.

durian di lereng semeru yang paling diburu warga adalah durian mentega Foto: Nur Hadi Wicaksono

“Rasa durian mentega manis dagingnya tebal dan ada pahitnya sedikit. Harga terjangkau sebanding dengan kualitasnya,” ujar salah satu warga asal Pasuruan Angga kepada detikJatim, Sabtu (13/4/2024).

Salah satu petani durian bernama Subur mengaku bisa menjual 150-200 buah durian dalam sehari. Subur bisa mengantongi pendapatan Rp 2-3 juta per hari dari berjualan durian.

“Durian mentega masak pohon, jadi terjamin kualitasnya. Untuk harga mulai Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Sehari bisa menghabiskan 150-200 buah durian,” ujarnya.

Tak perlu khawatir dengan kualitasnya karena buah durian yang dijual merupakan buah durian masak pohon. Harga buah durian bergantung ukurannya. Nah, bagi penggemar durian tidak ada salahnya mencoba durian mentega khas lereng Semeru.

Artikel ini sudah ditayangan di detikJateng!

Simak Video “Nikmatnya Durian Mentega Lereng Gunung Semeru yang Creamy dan Legit
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version