Rabu, Oktober 9

Jakarta

YouTube Shorts, layanan pesaing TikTok dari YouTube, menerima sejumlah update baru. Salah satunya adalah opsi untuk unggah video dengan durasi yang lebih panjang.

Mulai 15 Oktober pekan depan, kreator bisa mengunggah video YouTube Shorts dengan durasi hingga tiga menit, lebih panjang dari yang sebelumnya hanya satu menit. YouTube mengatakan penambahan durasi ini merupakan salah satu fitur yang banyak diminta oleh pengguna.

Saat ini TikTok mengizinkan pengguna mengunggah video dengan durasi maksimal 10 menit dan terus ditambahkan setiap tahunnya. Beberapa waktu yang lalu, TikTok dilaporkan sedang menguji coba video berdurasi satu jam.


YouTube juga mengumumkan fitur template yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan format video Shorts lainnya. Jadi pengguna bisa mengikuti tren video yang sedang populer dengan lebih mudah.

Platform video milik Google ini mengatakan kreator akan bisa mencocokkan klip video mereka dengan suara yang sedang trending dan dipakai video lainnya. Fitur ini mirip seperti fitur template yang ada di TikTok dan Instagram Reels. Fitur Template di YouTube Shorts akan tersedia via tombol ‘remix’ yang ada di video.

Bicara soal fitur remix, YouTube mengatakan dalam beberapa bulan ke depan pengguna akan bisa mengakses kontennya langsung dari kamera Shorts. Jadi kreator bisa membuat video remix dengan video favoritnya di YouTube dengan lebih mudah.

Masih berhubungan dengan tren, YouTube Shorts di mobile juga akan menampilkan halaman baru untuk melihat konten terbaru dan terpopuler. Jadi kreator dan pengguna pada umumnya bisa melihat jenis konten yang sedang populer di negaranya untuk mencari inspirasi, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (6/10/2024).

Tampilan video Shorts juga diubah dengan video player baru yang membuat konten semakin menonjol di antarmuka dengan mengubah warna tombol yang ada di sisi kanan menjadi ikon bergaris, bukan berwarna putih seperti saat ini.

YouTube juga akan menampilkan preview komentar langsung dari feed Shorts untuk memancing lebih banyak interaksi dari pengguna lain. Terakhir, YouTube akan menyediakan opsi ‘Show fewer Shorts’ bagi pengguna yang tidak ingin melihat terlalu banyak konten Shorts di feed-nya, tapi opsi ini hanya berlaku sementara.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version