Kamis, Juli 4


Klaten

Traveler berpikir hiking mungkin akan melelahkan, tapi cobain deh spot wisata satu ini. Namanya Ekowisata Kalitalang.

Di Kalitalang traveler bisa menantang diri untuk menempuh track perjalanan menyusur kawasan ekowisata berlatarkan pemandangan Gunung Merapi.

Kalitalang cocok untuk traveler yang baru ingin mencoba menaklukkan medan yang tidak terlalu berat. Terlebih, suasana di Kalitalang sangat sejuk dan syahdu bisa sekalian melepas penat.


“Kesini nyoba buat tracking ringan karena jalurnya tidak sesusah itu, jadi aksesnya mudah untuk semua orang,” kata Naufal, salah satu pengunjung yang ditemui detikTravel.

Konsepnya menggabungkan eco-tourism, photo spot, camping, dan tracking. Tentu datang ke sini tidak akan kehabisan ide untuk melakukan aktivitas apa. Jangan lupakan membawa bekal makanan karena akan mantap jika disantap di tengah suasana dan pemandangan yang ciamik.

Kalitalang yang secara administratif terletak di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai dikenal sejak tahun 2016. Waktu tempuhnya sekitar satu jam lebih dari pusat Yogyakarta.

Akses menuju lokasi terbilang cukup menantang. Selepas berpisah dengan jalan raya, traveler akan dihadapkan dengan jalan bebatuan yang cukup menguji skill berkendara.

“Akses jalan habis dari jalan rayanya perlu dibenahi, karena masih full batu. Kalo orang yang susah bawa motornya bisa jatuh,” kata Naufal, salah satu pengunjung.

Sesampainya di lokasi, pengunjung akan ditarik HTM sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir. Untuk menuju camping ground-nya harus tracking sebentar. Sementara bagi traveler yang tidak ingin menginap bebas untuk mengeksplorasi seisi kawasan ekowisata.

Bermandikan udara sejuk dan beratapkan langsung dengan langit, pengalaman memandangi gagahnya Gunung Merapi jangan terlewatkan. Di sini, ada ayunan ikonik yang menghadap langsung ke sang argo.

Ada pula padang rumput luas membentang. Pemandangan alam di sini jelas juara, dengan dominasi coklat dan hijau tentu bikin hati tentram.

Menyesap secangkir kopi di pagi hari akan sangat nikmat di Kalitalang. Pengunjung yang ingin berkemah juga tidak perlu risau karena Kalitalang menyediakan jasa untuk sewa peralatan berkemah. Mulai dari tenda glamping, tenda dump. kayu bakar, hingga paket grill. Perlengkapan kemah lainnya pun ada, tinggal kunjungi laman instagram resmi @kali_talang

Kawasan ini masih menjadi rujukan warga yang ingin mencari pakan ternak. Jadi jangan heran jika di tengah tracking menjumpai warga, ya. Mereka ramah terhadap pengunjung, jadi jangan lupakan untuk saling menyapa.

Eksotisme Kalitalang tidak boleh luput dari tanggung jawab pengunjung. Jika membawa makanan, sampah juga harus dibawa kembali dan jangan ditinggalkan.

(fem/ddn)

Membagikan
Exit mobile version