Sabtu, Juli 6


Jakarta

Citroen E-C3 menjadi pendatang baru di industri mobil listrik Indonesia. Mobil asal Prancis ini bakal melawan rival-rivalnya dari China seperti Neta V dan Wuling BinguoEV. Ini spesifikasi lengkap Citroen E-C3.

Citroen E-C3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Desain dan Dimensi


Secara desain, Citroen E-C3 tak jauh-jauh dari desain saudara-saudaranya seperti Citroen C3 dan Citroen C3 Aircross. Mengusung gaya SUV, Citroen E-C3 hadir dengan wajah yang modern dan futuristis, dilengkapi over fender berwarna hitam yang menyambung hingga ke bodi cladding bagian samping.

Mobil ini memiliki panjang keseluruhan 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.586 mm. Sementara wheelbase-nya yakni 2.540 mm dengan ground clearance 170 mm, juga bobot kerb mencapai 1.316 kg.

Citroen E-C3Citroen E-C3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Kaki-kaki dan Suspensi

Citroen E-C3 menggunakan profil ban 195/65 R15 dibalut velg aluminium berukuran 15 inci. Sementara ban cadangannya berukuran 185/65 R15 dengan velg berjenis kaleng. Urusan suspensi, depan pakai tipe MacPherson Strut with Coil Spring dan belakang pakai Rear Twist Beam with Coil Spring. Rem depannya cakram dan rem belakang teromol.

Citroen E-C3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Spesifikasi Motor Electric dan Baterai

Mobil ini dibekali Permanent Magnet Synchronous Motor dengan tenaga 57 PS dan torsi 143 Nm. Maksimal kecepatan yang bisa diraih yakni 107 km/jam. Mode berkendaranya hanya ada standard dan ECO.

Adapun baterainya berjenis High Energy Density Lithium-Ion Battery Pack dengan kapasitas 29,2 kWh. Citroen mengklaim setiap 1 kWh-nya bisa menempuh jarak 9,7 km dan untuk keseluruhannya, kapasitas baterai tersebut diklaim bisa menjangkau jarak total 320 km. Mobil ini tentunya juga memiliki fitur regenerative braking.

Baterai Citroen E-C3 bisa dicas menggunakan konektor CCS2 dengan DC fast charging dari baterai 10% ke 80% hanya butuh waktu sekitar 57 menit. Sementara kalau pakai charger AC, dari 10% hingga 80% membutuhkan waktu hingga 10 jam 30 menit.

Citroen E-C3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Fitur-fitur Interior dan Entertainment

Secara fitur, Citroen E-C3 dibekali fitur-fitur yang tergolong standar atau bahkan bisa dikatakan tertinggal. Misal kunci kontaknya masih berbentuk konvensional alih-alih pakai sistem keyless yang modern. Selain itu, rem tangannya pun masih menggunakan model konvensional berbentuk tuas, dan joknya menggunakan sandaran kepala model fix.

Kendati begitu, mobil ini juga menawarkan beberapa fitur modern. Contoh seperti panel instrumen full digital, AC digital, termasuk head unit digital dengan layar sentuh yang bisa menjalankan fitur konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Suara sound system yang dihasilkan mobil ini juga cukup oke dan juga tersedia colokan USB.

Citroen E-C3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Harga dan Layanan Purnajual

Citroen E-C3 dibanderol mulai harga Rp 377 juta on the road Jakarta dengan pilihan warna single tone dan dual tone. Untuk memberikan rasa aman ke konsumen, Citroen juga memberikan berbagai jaminan garansi, seperti free service & parts selama 5 tahun/70.000, vehicle warranty 5 tahun/150.000 km, battery EV warranty 7 tahun/140.000 km, drive train warranty 5 tahun/150.000 km, hingga part warranty selama 1 tahun/10.000 km.

Citroen E-C3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version