Senin, Juli 8


Bogor

Citroen E-C3 resmi dijual di Indonesia dengan banderol cukup terjangkau, yakni Rp 377 juta on the road Jakarta. Mobil listrik bergaya SUV ini rencananya bakal dirakit lokal di fasilitas perakitan milik Indomobil di Purwakarta. Andai nantinya sudah dirakit lokal, apakah harga mobil ini bisa lebih murah lagi?

Sebagai informasi, Citroen E-C3 diperkenalkan pada Agustus 2023 lalu pada ajang pameran otomotif, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Mobll listrik buatan India ini kemudian diajukan oleh Citroen ke pemerintah Indonesia sebagai penerima insentif mobil listrik impor CBU.


Citroen E-C3 Foto: Dok. Citroen Indonesia

Kemudian pada 3 Mei 2024, pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM) telah memberikan persetujuan secara resmi atas permohonan Citroen Indonesia untuk ikut serta dalam Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Sehingga saat ini, Citroen mengklaim diri sebagai merek mobil pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memperoleh persetujuan Program Kendaraan Bermotor Listrik dengan Fasilitas Impor CBU.

Salah satu konsekuensi Citroen bisa mendapatkan insentif tersebut adalah, mereka harus melakukan perakitan model E-C3 di Indonesia. Rencananya, Citroen E-C3 akan dirakit secara CKD (Completely Knocked Down) pada semester kedua tahun ini di Purwakarta.

Chief Executive Officer PT Indomobil National Distributor Tan Kim Piauw menjelaskan, kendati nantinya E-C3 sudah dirakit secara lokal, bukan berarti harganya langsung turun. Soalnya, harga Citroen E-C3 saat ini sudah ditekan sedemikian rupa dengan subsidi dari prinsipal maupun dari pihak Indomobil.

Citroen E-C3Citroen E-C3 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

“Tidak mesti (harga bisa langsung turun ya), ini kami juga masih bicarakan dengan prinsipal kami. Kenapa saya mengatakan tidak mesti? Karena harga yang kami jual Rp 377 juta ini sebenarnya ada unsur subsidi dari dua pihak, baik prinsipal maupun kami,” ujar Tan di kepada wartawan di Bogor belum lama ini.

“Jadi bagaimana kami bisa memperkenalkan mobil ini (agar) bisa bersaing di pasar untuk bisa mencapai angka itu memang adalah harga yang khusus, sehingga waktu lakukan CKD atau melakukan perakitan lokal itu tidak mesti harganya akan menjadi turun. Tapi tentunya ini masih kita bicarakan dengan pihak prinsipal,” jelas Tan.

Saat ini, Citroen Indonesia mulai melakukan serah terima E-C3 kepada konsumen. Sejak pertengahan Juni 2024, sebanyak 50 unit Citroen E-C3 telah diserahterimakan kepada pelanggan, disusul dengan penyerahan unit Citroen E-C3 kepada PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus penyerahan unit Citroen E-C3 kepada konsumen di wilayah Jawa Tengah yang berlangsung pada 1 Juli 2024.

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version