Jumat, Oktober 18

Jakarta

Bagi yang tinggal di belahan Bumi utara, kicauan burung dan mekarnya bunga baru-baru merupakan pertanda baik bahwa musim semi telah tiba. Sebuah video baru yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan gambaran menakjubkan tentang perubahan musim yang terjadi di Bumi.

Sebuah video berkecepatan tinggi menyatukan cuplikan permukaan planet kita yang diambil setiap hari selama setahun terakhir. Gambar-gambar ini diambil menggunakan satelit GOES-East milik NOAA, yang mengorbit lebih dari 35 ribu km di atas ekuator Bumi.

Karena satelit GOES-East mengorbit dengan kecepatan yang sama dengan rotasi Bumi, satelit ini terus-menerus mengamati wilayah yang sama, termasuk sebagian besar Amerika, Karibia, dan Samudra Atlantik.


Dari sudut pandangnya di luar angkasa, satelit melacak tepian yang memisahkan siang dan malam di Bumi. Dalam video tersebut, terlihat bagaimana zona senja yang disebut terminator ini terus bergeser sepanjang tahun. Itu karena planet kita miring 23,5 derajat pada porosnya, sehingga berdampak pada lamanya siang dan malam.

Tanggal 19 Maret menandai dimulainya musim semi secara resmi di belahan Bumi utara, musim semi paling awal telah tiba di AS dalam 128 tahun. Pada hari ini, Matahari bersinar tepat di atas garis khatulistiwa, karena Bumi berada pada titik orbitnya yang tidak miring ke arah atau menjauhi Matahari.

Sebaliknya, letaknya tegak lurus terhadap Matahari, itulah sebabnya kita mengalami jam siang dan malam yang hampir sama. Dengan demikian, terminator pada titik ini berbentuk lurus, dan dapat dianggap seperti ‘membelah’ planet kita menjadi dua bagian yang kira-kira sama.

Kalian dapat melihat contoh ini dalam video animasi tersebut, terdiri dari gambar yang diklik pada pukul 07:50 ET (1150 GMT) setiap hari. Pada hari-hari setelah ekuinoks musim semi, planet kita perlahan-lahan mulai bergeser ke arah Matahari, yang membuat hari-hari menjadi lebih panjang dan hangat sementara belahan Bumi selatan mendekati musim dingin.

Simak Video “Seperti Apa Lingkungan Pada Saat Nabi Adam Hidup?
[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version