Kamis, Oktober 10


Jakarta

Honda resmi meluncurkan skuter listrik anyar dengan nama CUV e:. Honda CUV e: merupakan versi massal dari skuter listrik konsep Honda SC e: yang diperkenalkan pada pameran Japan Mobility Show (JMS) 2023 lalu. Ternyata cikal bakal penamaan Honda CUV e: berasal dari skuter listrik jadul Honda lho.

Dikutip dari website Honda Global, penamaan Honda CUV e: diambil dari CUV ES atau Clean Urban Vehicle Electric Scooter. Honda CUV ES merupakan skuter listrik pertama yang disewakan oleh Honda pada tahun 1994.


Honda CUV e: Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Nah, Honda CUV e: juga dikembangkan dengan konsep kendaraan komuter seperti CUV ES, sebagai skuter listrik yang mewujudkan mobilitas nyaman bagi banyak orang di perkotaan. Sementara tanda ‘e:’ pada CUV e: menandakan bahwa ini adalah kendaraan bertenaga listrik Honda.

Honda CUV e: adalah motor listrik yang setara motor konvensional bermesin 110 cc. Honda CUV e: memiliki output tenaga 6 kW pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 22 Nm pada 2.300 rpm. Skuter listrik ini bisa melaju hingga kecepatan 83 km/jam.

Honda CUV e: ditenagai dua baterai lithium ion dengan voltase 50,26 V x 2 dan kapasitas baterai 29,4 Ah x 2. Baterai tersebut bisa membawa motor ini melaju 80,7 km dan bisa diisi dari 0 hingga 100% dalam waktu 6 jam atau 2,7 jam (160 menit) untuk pengisian dari 25% ke 75%.

Terdapat tiga mode berkendara di motor ini, yakni ECON, STD, dan Sport. Kelengkapan pendukung yang tersemat adalah USB type-C charger yang terletak pada console box untuk pengisian baterai ponsel. Kemudian panel layar TFT yang dapat menampilkan informasi kendaraan, navigasi, pengontrol musik, hingga menerima dan melakukan panggilan. Smart key system khas Honda juga terpasang untuk memaksimalkan fitur keamanan.

Model ini semakin spesial dengan disematkannya Honda RoadSync Duo, sebuah sistem konektivitas dengan ponsel di tipe tertinggi yang memberi kemudahan, kenyamanan, dan ketenangan saat berkendara dengan mobilitas tinggi.

Honda CUV e: akan dipasarkan dengan range harga Rp 53-57 juta (unit Rp 33-37 juta + dua unit baterai MPP e: seharga Rp 10 juta/unit baterai). Lanjut buat tipe RoadSync Duo akan dipasarkan pada pada range harga Rp 57-61 juta (unit Rp 37-41 juta + dua unit baterai MPPe: seharga Rp 10 juta/unit baterai).

(lua/rgr)

Membagikan
Exit mobile version