Rabu, Oktober 9


Jakarta

Rice bowl kekinian ini ramai diperbincangkan kembali di media sosial. Mereka menawarkan rice bowl dengan lauk daging, chicken popcorn, dan siraman saus istimewa.

Sajian rice bowl masih menjadi andalan banyak orang, terutama anak muda yang sering mencari hidangan praktis, mengenyangkan, dan harganya terjangkau.

Dalam seporsi ricebowl, biasanya sudah berisi nasi dan aneka lauk, mulai dari chicken popcorn, beef slice, hingga telur mata sapi. Lalu ada pelengkap sayuran, sambal, dan saus spesial.


Konsep rice bowl sebenarnya berasal dari masakan Asia, terutama Jepang dan Korea. Namun, sekarang makanan ini telah populer di seluruh dunia dan pilihannya lebih bervariasi. Disajikan dalam kemasan yang bisa dibawa kemana saja.

Gerai rice bowl pun kini bisa ditemukan dengan mudah, tetapi ada salah satul yang belum lama ini viral kembali, Truffle Belly. Truffle Belly juga disebut-sebut sebagai pencipta rice bowl yang khusus menyajikan hidangan berbahan truffle.

Melalui unggahan video di media sosial, salah satunya dari akun @jktinfo (24/09), terlihat jika sebuah gerai Truffle Belly ramai diantre oleh sopir ojek online. Bahkan, antreannya sampai ke bagian luar dan cukup menyebabkan jalanan di sekitarnya terhambat.

Gerai Truffle Belly viral karna ramai diantre pelanggan. Foto: Instagram @jktinfo

Akun Instagram @jktfoodbang (22/09) juga sempat menunjukkan keramaian gerai Truffle Belly di cabang lain, yang juga ramai dipadati sopir ojek online.

“Udah seminggu brand ini rame terus, bikin macet,” tulis keterangan dalam video tersebut.

Ditelusuri oleh detikFood, rupanya gerai rice bowl ini ramai karena memang sedang ada promo rice bowl enam rupiah dalam rangka merayakan enam tahun Truffle Belly bergabung dalam dunia F&B.

Melalui akun Instagram, resmi @truffle.belly, mereka juga mengaku jika terjadi lonjakan pemesanan akibat promo enam rupiah ini.

Terlepas dari promo tersebut, banyak netizen di kolom komentar yang mengungkap jika Truffle Belly kerap menjadi andalan mereka karena sering banyak promo, rasa dan kualitasnya juga sesuai dengan harga.

DetikFood pun mencicipi ricebowl yang viral ini. Kami memang tidak memesan menu promo enam rupiah, tetapi beberapa menu yang menjadi andalan di gerai rice bowl ini.

Rice bowl paling andalan di sini yang disajikan dengan tambahan telur mata sapi omega-3. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Pertama ada Truffle Chicken Rice with Mushroom Sauce (Rp 42.000). Menu ini menjadi salah satu menu utama di Truffle belly, dikemas dalam mangkuk kertas dan seporsinya terdiri dari nasi, telur mata sapi, truffle chicken, dan saus mushroom secara terpisah.

Chicken popcorn atau ayam goreng tepungnya punya ukuran lumayan besar, dengan jumlah sekitar 8 potong. Di atas ayamnya terdapat taburan bumbu mirip dengan bubuk cabai, tetapi rasanya tidak begitu pedas.

Chicken popcornya terasa empuk tetapi agak kering. Tepungnya renyah dengan perpaduan rasa gurih.

Saus jamurnya sendiri punya tekstur kental dengan irisan jamur kancing di dalamnya. Wangi trufflenya tidak begitu tercium. Dipadukan dengan ayamnya menambah rasa gurih creamy.

Ditambah saus creamy mushroom menjadi semakin lezat. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Tambahan telur mata sapi yang dimasak setengah matang ini juga membuat perpaduannya semakin lezat.

Menu kedua yang kami cicip, Truffle Chicken Mentai Sauce (Rp 35.000). Harganya lebih murah karena kami tidak meminta tambahan telur di atasnya.

Hidangan rice bowl ayam dengan saus mentai mereka juga menjadi andalan. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Seporsinya terdiri dari nasi, potongan chicken popcorn, dan lumuran saus mentai yang sudah disajikan langsung dengan chicken popcorn. Saus mentainya juga di blow torch sehingga ada sentuhan warna gelap kehitaman pada saus kuning ini.

Rasa saus mentainya cukup nikmat, tetapi agak terlalu gurih. Saus mentainya juga tidak terlalu pedas dan ada sentuhan rasa smokey karena proses blow torch.

Terakhir, kami memesan Truffle Beef Pesto Parmesan (Rp 69.000). Untuk daging sapi, bisa memilih antara potongan daging sirloin atau saikoro. Kami pun memilih potongan daging sirloin.

Seporsinya terdiri dari nasi, potongan daging sirloin yang cukup besar, terdiri dari sekitar 9/10 potongan, lalu disiram dengan saus pesto berwarna hijau pekat.

Kami cukup mencium aroma herba dari saus pestonya. Rasanya herbanya juga kuat, tapi, cocok dipadukan dengan daging sirloin yang sudah gurih dan smokey.

Ada juga menu beef pesto yang tidak kalah nikmat. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Daging sirloin tebal, tetapi memang ada beberapa bagian yang mengandung banyak lemak sehingga agak sulit dikunyah. Namun, tekstur secara keseluruhan empuk dan kenyal. Dagingnya juga sudah diberi bumbu yang pas.

Menurut kami, kualitas dan rasa makanan dari Truffle Belly sepadan dengan harganya. Porsinya juga mengenyangkan. Tidak heran jika rice bowl satu ini kerap menjadi andalan banyak orang.

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version