Kamis, Oktober 3

Jakarta grand wisata bekasi

Di GW Food, kamu bisa menemukan jajanan Thailand dan banyak makanan viral lain. Dua di antaranya, dancing shrimp yang ramai dicoba di Bangkok dan lobster bakar dengan saus gurih pedas. Nikmat!

Foodies yang menyambangi GW Food di perumahan Grand Wisata, Bekasi pastilah bingung memilih jajanan. Sebab di sini ada 60 gerai makanan yang menawarkan menu berbeda dan istimewa.

Namun jika ingin mencicipi yang autentik Thailand, coba berjalan ke arah belakang. Di dekat panggung live music, kamu dapat menemukan gerai Rak Thai yang lumayan besar.


Rak Thai merupakan usaha kuliner milik Ryan yang beristri orang Thailand. Ia pun percaya diri melabeli usaha makanannya autentik Thailand.

Rak Thai, gerai makanan Thailand autentik di GW Food. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Selain menggunakan resep yang memang dipakai orang Thailand asli, Ryan mengaku masih mengimpor beberapa bahan makanan dan bumbu dari sana.

“Bukan karena maksudnya bahan kita (di Indonesia) nggak enak, bukan ya. Jadi karena memang saya memang nge-branding Rak Thai ini autentik asli dari sana,” kata Ryan kepada detikfood (14/6).

Bahan yang diimpor antara lain mangga Thailand untuk mango sticky rice, beberapa bumbu dapur khas Thailand, dan kecap ikan. “Soalnya kalau kecap ikan yang ada di kita banyakan tuh bahannya dari udang, bukan dari ikan. Nah kalau dari sana (Thailand) memang dari ikan,” kata Ryan.

Rak Thai menawarkan berbagai menu populer Thailand, termasuk tim yam, pad thai, mango sticky rice, salmon yam, seafood kari, seafood omelette, dan banyak lainnya. Namun ada satu menu yang tengah viral.

Menu itu adalah Dancing Shrimp atau udang loncat. Disebut demikian lantaran udang dimakan dalam kondisi mentah saat masih lompat-lompat. Harga per porsinya Rp 45 ribu.

Udang air tawar, bahan baku dancing shrimp. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Ryan mengungkap, “Udangnya kita pakai udang air tawar. Nah kalau bumbunya kita pakai bumbu Thailand memang.” Terlihat ada campuran bubuk cabai, bawang merah, jeruk nipis, daun bawang, hingga cilantro.

Semua bumbu tersebut diaduk jadi satu dengan udang air tawar yang berukuran kecil-kecil. Karenanya dalam satu suapan, bakal tercecap sensasi renyah dengan iringan rasa asam pedas yang dominan.

Mango Sticky Rice (Rp 45.000) dari Rak Thai sayang dilewatkan. Mereka menggunakan mangga impor Thailand yang tekstur dan rasa manisnya khas. Berpadu enak dengan ketan pulen dan saus santan yang gurih.

Berbagai menu andalan di Rak Thai. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Lalu ada juga Salmon Yum (Rp 65.000) yang terbuat dari irisan salmon mentah berbumbu khas Thailand yang asam dan omelet seafood yang gurih renyah.

Ryan mengungkap Rak Thai buka setiap hari di GW Food, mulai pukul 16.00 hingga 23.00. Nama Rak Thai sendiri berarti Cinta Thailand. “Kebetulan istri saya juga orang Thailand,” katanya seraya tersenyum.

Di GW Food juga ada jajanan lobster dan gurita bakar. Baca halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version