Rabu, September 25

Jakarta

MediaTek dikabarkan bakal merilis chip Dimensity 9400 bulan depan. Pun belum diluncurkan, chip ini sudah diklaim mampu mengalahkan Apple A18 Pro yang terpasang di iPhone 16 Pro.

Alasannya karena Dimensity 9400 memiliki unit grafis Immortalis-G925 besutan ARM. Perusahaan asal Taiwan itu menyebut GPU berkinerja tertinggi dan paling efisien hingga saat ini.


Dalam pengujian, GPU mencetak 134 fps dalam tolok ukur GFX Aztec 1440p off-screen Vulkan. Angka tersebut jauh lebih tinggi Apple A18 Pro yang meraih 72 fps dan Snapdragon 8 Gen 3 95 fps.

Untuk diketahui Aztec merupakan bagian dari rangkaian GFXBench. Pengujiannya dirancang untuk mensimulasikan lingkungan seperti permainan 3D yang intensif dan mendorong perangkat keras grafis hingga batasnya, terutama dengan Vulkan, salah satu API grafis berkinerja tinggi.

Bagian “1440p” berarti pengujian telah berjalan pada pengaturan resolusi QHD, yang merupakan tingkat detail yang lebih tinggi. Pengujian di off-screen berarti unit grafis hanya diuji untuk kinerja mentahnya tanpa benar-benar terpengaruh oleh resolusi.

Hasil tes ini benar-benar menunjukkan potensi Dimensity 9400 dengan Immortalis-G925. Tetapi pada akhirnya, bagus tidaknya chipset tersebut tergantung racikan yang dibuat produsen ponsel.

Jadi kita harus menunggu dan melihat perusahaan mana yang akan memilih chipset Mediatek untuk flagship 2025 mereka. Kira-kira siapa yang menjadi pertama ya?

Simak Video “Peningkatan yang Menggoda di iPhone 16 Pro dan iPhone Pro Max
[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version