Minggu, Oktober 6

Jakarta

China Manned Space Agency (CMSA) memamerkan pakaian khusus untuk para astronaut yang direncanakan akan mendarat di Bulan pada 2030. Desain pakaian ini terlihat dari video terbaru kantor berita CCTV.

Pada pameran itu, diketahui bahwa kamera bawaan, konsol operasi, dan pelindung mata antisilau ada di pakaian tersebut. Fitur-fitur itu dipertunjukkan oleh astronaut China terkenal, yaitu Zhai Zhigang dan Wang Yaping.

Selain rencana pendaratan manusia di Bulan pada 2030, China juga berambisi membangun stasiun riset internasional di kutub selatan Bulan pada tahun 2040. Mereka memang sangat berambisi menguasai luar angkasa.


[Gambas:Youtube]

Melansir Next Shark, Wu Zhiqiang selaku Chief Designer of Astronaut Systems di China Astronaut Research and Training Center menjelaskan bahwa pakaian antariksa baru tersebut secara khusus dirancang untuk menyesuaikan kondisi di Bulan.

“Tidak seperti misi orbit rendah Bumi, astronaut akan berada di lingkungan Bulan alami yang keras selama aktivitas ekstravehicular Bulan,” katanya kepada CCTV.

Dia menekankan kostum ini didesain untuk menjawab tantangan kondisi vakum di Bulan yang tinggi, gravitasi rendah, debu bulan, dan juga fluktuasi suhu yang ekstrem di sana.

Dari video yang ditayangkan, terlihat garis-garis merah pada pakaian antariksa tersebut. Garis ini terinspirasi dari seni tradisional China dan melambangkan ‘bidadari terbang’ dan ‘api peluncuran roket’.

Para perancang menekankan pertimbangan estetika, dengan tujuan membuat astronaut terlihat lebih bersemangat. Alasan lainnya agar adalah membuat orang China terlihat kuat dan cantik saat mereka melangkah di Bulan.

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version