Rabu, September 25


Guangzhou

China memang ada-ada saja. Baru-baru ini, sebuah kebun binatang di sana viral karena menjadikan anjing yang dicat mirip seperti panda sebagai atraksi wisata.

Salah satu kebun binatang di China sedang ramai diperbincangkan. Alasannya karena mereka kedapatan mengecat dua ekor anak anjing berjenis Chow Chow sehingga mirip sekali seperti panda.

Semua berawal dari sebuah video yang direkam oleh salah satu pengunjung kebun binatang di Provinsi Guangdong bagian selatan.


Rekaman itu kemudian viral setelah diunggah di aplikasi TikTok versi China, Douyin. Video itu dibagikan lebih dari 1,4 juta kali dan disukai oleh lebih dari 725 ribu pengguna, melansir dari CNN.

Dari foto-foto yang dibagikan oleh pengguna lain di media sosial, tampak kedua anak anjing yang berwarna hitam-putih itu berada di dalam kandang, di sebelah tanda yang bertuliskan “anjing yang dicat”.

“Kami disebut Anjing Panda, anjing peliharaan yang terlihat seperti panda, dicat, dan didandani oleh Chow Chow. Kami lembut, cerdas, ramah, lucu, dan menggemaskan!” begitulah bunyi tulisan tersebut.

Manajer Kebun Binatang yang bermarga Huang, mengatakan bahwa anjing-anjing tersebut merupakan salah satu daya tarik utama yang mereka miliki.

“Dari nama kami, Anda akan melihat bahwa kebun binatang ini adalah “Surga Hewan Aneh dan Peliharaan Lucu,” katanya kepada media milik pemerintah, Sichuan Observation.

“Ini adalah anjing Chow Chow yang dicat menyerupai panda, dan menjadi salah satu dari spesialisasi kami.”

Ini bukan pertama kalinya anjing maupun hewan peliharaan lainnya dicat seperti panda di China.

Pada Mei lalu, sebuah kebun binatang di Provinsi Jiangsu bagian timur memicu kemarahan masyarakat usai pengunjung mengetahui bahwa kebun binatang tersebut mengecat dua ekor anjing dengan warna hitam dan putih demi terlihat seperti panda.

Setelah menuai begitu banyak kritik, kebun binatang tersebut mengakui telah melakukan tipu daya itu.

Sebuah kafe di Kota Chengdu bagian barat daya juga dikecam pada tahun 2019 karena menawarkan layanan pewarnaan hewan peliharaan bagi orang-orang yang ingin peliharaan mereka tampak seperti panda.

Pada tahun 2016, toko hewan peliharaan di Guangdong juga kedapatan menjual anjing peliharaan yang diwarnai sehingga mirip harimau mini.

——-

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version