Jumat, Juli 5

Jakarta

China Mobile, operator seluler milik pemerintah China baru merilis sebuah kartu SIM super yang dilengkapi prosesor. Canggih!

Kartu SIM ini dilengkapi prosesor RISC-V 32 bit dengan kecepatan 120MHz, yang berbasis dari chip CC2560A bikinan Texas Instrument. Kartu SIM ini punya spesifikasi yang jauh lebih tinggi dibanding kartu SIM yang lazim dipakai saat ini.

Selain dilengkapi prosesor, kartu ini pun punya storage sebesar 2,5MB, 10 kali lebih besar dibanding kartu SIM biasa, atau dua kali kapasitas dari kartu SIM canggih lain yang lazim dipakai untuk keperluan IoT.


Namun tentu saja bintang utamanya adalah prosesor RISC-V yang dipakai. Menurut China Mobile, pemakaian prosesor ini membuat kecepatan komunikasi yang 10 kali lebih kencang dibanding kartu SIM biasa, kemampuan kmoputasi 2 kali dibanding kartu SIM canggih sebelumnya, dan punya kemampuan algoritma dua kali lebih tinggi dibanding kartu SIM biasa.

Sistem keamanannya pun tak main-main, dan berada pada level hardware. Ada lebih dari 100 teknik pengamanan yang dibenamkan, dari mulai bus encryption, pertahanan anti-side-channel, sampai kemampuan anti-cloning, dan semuanya memenuhi standar sertifikasi EAL5+.

Pengguna yang diincar China Mobile lewat kartu SIM ini adalah perangkat IoT kelas berat dan juga sejumlah penggunaan lain, seperti kartu identitas digital untuk pelajar, sistem kunci mobil pintar, ataupun layanan pembayaran digital.

Soal konektivitas pun sangat lengkap, selain antarmuka SIM 7816 tradisional, ada juga standar lain yang didukung, seperti SWP, QSPI, SPI, I2C, dan UART, yang bisa dipakai untuk berkomunikasi dalam berbagai antarmuka, dari mulai sinyal, chip penyimpanan, sampai sensor biometrik.

Oh ya, meski RISC-V menggunakan teknologi Amerika Serikat, China tetap bisa menggunakannya karena lisensi pemakaian RISC-V yang terbuka. Sehingga siapapun, termasuk perusahaan China, bisa menggunakan desain CPU ini untuk keperluannya sendiri.

Kartu SIM super semacam ini popularitasnya belakangan sedang menanjak. Tahun 2023 lalu, Bank of China juga merilis kartu SIM baru untuk pengguna perangkat mobile. Lewat kartu tersebut pengguna bisa menggunakan fungsi dompet digital untuk transaksi, dan juga mendukung fitur NFC untuk fitur pemindaian identitas digital.

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version