Jumat, Oktober 11


Chiang Mai

Banjir di Chiang Mai diikuti meluapnya Sungai Ping. Longsor memutus akses di beberapa destinasi terkenal Chiang Mai, banyak turis terjebak banjir itu.

Dilansir dari Nation Thailand pada Jumat (11/10/2024), pihak berwenang bekerja keras membersihkan jalan untuk menyelamatkan orang-orang ayang terdampar di Muang Khong, tempat wisata terkenal Chiang Mai.

Hujan deras di provinsi tersebut telah menyebabkan banjir yang meluas, tidak hanya di distrik kota utama tetapi juga di daerah-daerah tetangga.


Di Distrik Chiang Dao, banjir bandang memicu tanah longsor di beberapa titik di sepanjang Jalan Chiang Dao-Muang Khong, memutus akses ke Muang Khong, tempat wisata populer, yang menyebabkan beberapa wisatawan terdampar.

Pada Sabtu, Gubernur provinsi Nirat Pongsitthaworn menugaskan Kritphon Rachathamethanon, kepala distrik Chiang Dao, untuk bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait guna memulihkan rute Chiang Dao-Muang Khong.

Organisasi Administratif Provinsi Chiang Mai telah menyediakan backhoe loader untuk upaya tersebut. Backhoe loader adalah sebuah alat berat sejenis excavator, tetapi bucket-nya terletak di bagian belakang yang disebut backhoe (penggali) dan bagian depannya dilengkapi oleh attachment loader (pengisi). Jenis alat berat yang satu ini bisa dibilang sangat fleksibel dan serbaguna karena memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu mengangkut atau memuat material berat dan melakukan penggalian.

Hingga Minggu pagi, enam kilometer jalan telah dibersihkan, termasuk lima titik tanah longsor, yang memungkinkan penyelamatan 20 wisatawan yang terjebak di daerah tersebut, sehingga mereka dapat kembali ke rumah. Pada hari Minggu, tim berencana untuk membersihkan lima titik longsor lagi sepanjang bentangan dua kilometer untuk membuka kembali jalan menuju kecamatan Muang Khong.

(bnl/fem)

Membagikan
Exit mobile version