Sabtu, Oktober 19


Wuhu

Chery memperkenalkan mobil terbang dalam agenda Chery Global Innovation Conference di Wuhu, China, (18/10/2024). Prototipe kendaraan masa depan itu bahkan masih dibekali roda empat seperti mobil.

Detikcom turut menghadiri Chery Global Innovation Conference di Wuhu International Expo Center. Dalam agenda tersebut, Chery sudah memulai langkah inovasi dalam transportasi.

“Solid state baterai, mobil terbang, robot humanoid, semuanya akan diresmikan pada konferensi kali ini,” jelas Chairman of Chery Holding Group Co., Ltd, Yin Tongyu.


Satu yang menarik perhatian adalah mobil terbang yang belum memiliki nama resmi. Chery menyebutnya sebagai “Land and Air Vehicle”.

“Kami yakin industri (otomotif) harus mencari peluang besar baru,” kata Yin Tongyu.

“China punya pasar 30 juta per tahun, dan pasar global mendekati 100 juta kendaraan. Ruang yang sangat luas. Kami berupaya untuk unik dan berbeda dari yang lain,” tambahnya lagi.

Kendaraan futuristik itu tanpa setir kemudi. “Land and Air Vehicle” itu disebut sudah menyelesaikan uji coba penerbangan jarak 80 kilometer.

Mobil terbang Chery Foto: Ridwan Arifin

Mobil terbang itu terdiri atas tiga bagian; bagian body yang terbang, kokpit cerdas, dan sasis cerdas yang dilengkapi ban.

Dalam tayangan presentasi Chery, disebutkan beberapa langkah prototipe itu bekerja:

  • Memesan lewat handphone seperti taksi online menuju titik tujuan
  • Body yang dilengkapi baling-baling menunggu di airport
  • Setelah mendapat pesanan, kokpit, dan sasis yang menyatu seperti mobil menjemput pemesan, lalu mengantarkan ke airport
  • Kemudian bodi dan kokpit menyatu seperti pesawat terbang, sementara sasis perlahan-lahan melepaskan diri
  • Berangkat untuk terbang ke titik tujuan

Mobil terbang dapat beralih antara mode terbang otonom dan mode mengemudi darat otonom yang dirancang untuk perjalanan jarak pendek di daerah perkotaan. Langkah ini disebut menjadi opsi untuk mengurangi masalah kemacetan lalu lintas.

Mobil terbang Chery ini merupakan armada vertical take off landing (VTOL) yang menggunakan energi ramah lingkungan berupa listrik.

eVTOL ini dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal tanpa landasan pacu. Lebih lanjut, mobil terbang Chery itu dibangun untuk membawa dua orang.

Ketinggian penerbangannya di bawah 1000 m, kecepatan penerbangan maksimum dapat mencapai 120 km/jam, dan waktu penerbangan sekitar 40 menit.

(riar/lth)

Membagikan
Exit mobile version