Minggu, Oktober 6


Jakarta

Para produsen mobil listrik, termasuk Chery, menanti-nantikan insentif mobil hybrid dari pemerintah. Menurut Chery, pemberian insentif kepada mobil hybrid akan memberi keuntungan besar buat para konsumen di Indonesia.

Chery menjadi salah satu produsen asal China yang terjun ke kendaraan elektrifikasi. Merek asal Wuhu, Provinsi Anhui, China, ini sudah mempunyai satu model listrik BEV (full baterai) yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Omoda E5. Tak berhenti sampai di situ, Chery juga berencana membawa model plug-in hybrid-nya.

“(Jadi mobil) hybrid sudah masuk proyek kita. Nanti kita lihat dalam waktu dekat. Kalau dilihat di globalnya, Tiggo kan udah ada (hybrid). Nanti kita lihat kapan waktu yang tepat. (Kemungkinan bakal) ada, karena kita ada juga permintaan dan market yang PHEV. Kita masih riset untuk possibility-nya, kemungkinannya (buat pasar Indonesia),” bilang Head of Marketing PT Chery Sales Indonesia Mohamad Ilham Pratama kepada wartawan di Jakarta, Senin (8/7/2024).


Di sisi lain, Chery juga masih menantikan insentif mobil hybrid dari pemerintah. Seperti diketahui, saat ini baru mobil listrik bertenaga baterai yang mendapatkan insentif dari pemerintah. Insentif yang diterima pun beragam, dari bebas melintas di wilayah ganjil genap, hingga PPN 10 persen ditanggung pemerintah.

“Insentif pemerintah tentunya juga kita nantikan. Karena itu akan ada keuntungan yang cukup besar ya buat konsumen. Karena mobil listrik pun dengan adanya insentif, (itu) keuntungan besar buat konsumen. Termasuk plug-in hybrid pun kita bisa harapkan ada insentif juga. Tapi di luar itu, kita tetap ingin membawa (mobil) plug-in hybrid kita,” sambung Ilham.

Ilham menjelaskan, mobil plug-in hybrid Chery ini juga rencananya bakal dirakit di Indonesia secara CKD (completely knocked down). Sebagai pengenalan, mobil ini nantinya akan dipamerkan di GIIAS 2024.

“(Rencananya akan kita) CKD (rakit lokal). Karena semua produk yang kita jual di market, itu CKD. Di GIIAS akan dibawa dan mungkin nanti akan ada Tiggo lainnya yang kita perkenalkan di GIIAS 2024,” jelas Ilham.

Kemungkinan besar, model hybrid yang akan diperkenalkan Chery di GIIAS 2024 adalah Chery Tiggo 8 Pro PHEV (plug-in hybrid electric vehicle). Mobil ini ditenagai mesin 1,5 liter dengan bantuan dua motor listrik dan baterai.

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version