Rabu, November 6


Jakarta

Setelah Jumat lalu sempat terganggu, layanan lapor diri (check in) di bandara sudah kembali normal. Namun maskapai penerbangan tetap meminta penumpang untuk datang lebih awal.

“Dapat disampaikan bahwa saat ini sistem operasional reservasi, check-in dan boarding Citilink telah kembali normal. Namun demikian Citilink senantiasa selalu mengimbau penumpang untuk dapat tiba lebih awal di bandara, yakni 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan domestik dan 4 (empat) jam sebelum keberangkatan internasional,” ujar Dirut PT Citilink Indonesia Dewa Rai dalam pernyataan yang diterima, Sabtu (20/7/2024).

Citilink termasuk salah satu maskapai di dunia yang terkena gangguan pada operasi peralatan Microsoft. Sejumlah sistem layanan check in counter penumpang penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, ikut terdampak.


Mengutip Antara, akibat gangguan IT tersebut, berpengaruh pada layanan penumpang penerbangan. Seperti terjadi antrean panjang di pintu 4E, check in conter maskapai Citilink di Terminal 3 Bandara Soetta pada Jumat malam.

Kemenhub mengabarkan bahwa sistem penerbangan, termasuk layanan check-in telah beroperasi normal usai sempat terdampak gangguan sistem global Microsoft Windows, pada Jumat (19/7/2024).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni. Pihaknya telah mencermati adanya pemberitaan beberapa bandara di luar negeri yang mengalami gangguan sistem teknologi informasi (IT) global, seperti bandara Amerika Serikat, Belanda, Singapura, Malaysia, dan lain-lain.

Selain Citilink, di Indonesia, gangguan tersebut terjadi di sistem check-in maskapai Scoot Airlines, AirAsia, dan Indigo. Hal ini mengingat sistem tersebut terhubung dengan provider sistem secara global.

(ddn/wsw)

Membagikan
Exit mobile version