Senin, Juli 8

Jakarta

Sempat mundur dan menyerah, barista asal Indonesia ini kembali maju dan memenangkan juara 1 di World Barista Championship. Begini kisahnya!

Adalah Mikael Jasin, barista profesional asal Indonesia yang sudah banyak memenangkan kejuaraan di dunia kopi, khususnya di ajang bergengsi World Barista Championship (WBC).

Mikael Jasin didapuk menjadi juara satu di ajang yang berlangsung di BEXCO, Busan, Korea pada Mei 2024 lalu. Ada tema berkesan yang mengantarkannya ke gerbang kemenangan.


Kepada detikFood (14/06/24) pria yang akrab disapa Miki itu bercerita bahwa sebelum maju ke kompetisi dan memenangkan juara, ia sempat mundur dan ingin menyerah.

1. Sempat menyerah tapi justru menjadi ide

Mikael Jasin Foto: detikcom/Riska Fitria

Pada kompetisi kemarin, Mikael Jasin membawa tema ‘mindfulness’ yang terinspirasi dari perjalanannya. Sebelumnya ia juga mengikuti kompetisi serupa, tetapi tidak masuk ke final.

Hal tersebut membuat pria lulusan RMIT University Australia tak puas hingga sempat mundur dan hampir menyerah. Namun, dari momen itulah ia menemukan perspektif baru.

“Jadi nemuin mindfulness, nemuin cara bernapas, cara meditasi yang menangkan seperti apa. Dari itu akhirnya berpikir kayaknya cocok kalau dipresentasikan ke kopi,” tuturnya saat ditemui detikFood di Omakafe, BSD.

2. Pengalaman berlomba di WBC

Omakafe: Menikmati Sajian Kopi Omakase yang Unik Bareng Juara Dunia BaristaKopi yang ditawarkan di kafe milik Mikael Jasin. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Perspektif itulah yang kemudian dibawa oleh Mikael Jasin ketika mengikuti WBC di Korea. Dalam ajang yang diikuti oleh 53 peserta itu, meminta setiap peserta menyajikan kopi selama 15 menit.

Dalam waktu yang terbilang terbata, Mikael ditantang untuk membuat 12 cangkir minuman. 4 di antaranya espresso, 4 cangkir lagi minuman berbasis susu, dan 4 cangkir signature minuman non kopi.

“Selama 15 menit itu, kita gak cuma membuat kopi, tetapi juga presentasi. Akhirnya saya ajak juri untuk ikuti metode mindfulness tersebut untuk menikmati kopi,” tuturnya lagi.

Cerita Mikael Jasin sabet juara satu di WBC ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Cobain Pizza Artisan Aneka Topping di Plunge Pizza
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version