Rabu, Juli 3


Depok

Banjir di wilayah Bulak Barat, Cipayung, Depok, belum juga surut meski sudah berbulan-bulan menggenang. Banjir membuat jalan alternatif yang menghubungkan Bulak Barat, Cipayung, dengan Pasir Putih, Sawangan, menjadi sepi.

Banjir di Bulak Barat terjadi akibat pendangkalan kali Pesanggrahan karena longsoran sampah dari TPA Cipayung. Air kali kerap meluap ke jalan dan rumah warga.

Kondisi itu sudah berlangsung berbulan-bulan. Bahkan Jembatan Pesanggrahan selalu tergenang banjir sehingga memutus mobilitas kendaraan.


Foto: Kondisi di Jalan Bulak Barat, Cipayung Depok. (Maulana/detikcom)

Ketua RT 04, RW 08, Bulak Barat, Cipayung Depok, Naseri menuturkan kondisi Kampung Bulak Barat semakin sepi sejak dilanda banjir. Biasanya keramaian di kampung itu berlangsung hingga malam hari.

“Sepi, sepi banget, biasanya ramai sampe 24 jam ya istilahnya tukang-tukang gerobak itu kalau malam masih pada lewat kadang sampai pagi, sekarang nggak berani lagi lewat, apalagi kalau lagi tinggi airnya mobil motor juga nggak bisa lewat, siapa mau lewat situ lagi orang jalan kaki juga ngeri,” kata Naseri di Bulak Barat, Cipayung, Depok, Minggu (30/6/2024).

Naseri mengatakan kondisi itu juga berdampak pada sejumlah warung yang buka di Kampung Bulak Barat. Jika sebelum banjir, warung kerap buka sampai malam hari, tetapi kini sudah tutup.

Dia mengatakan warga sempat menyampaikan protes dengan memasang spanduk bertuliskan ‘Jalan Sudah Mati’ lantaran Jembatan Pesanggrahan yang selalu tergenang banjir.

“Warung juga jadi sepi, kalau siang buka tapi malem jam 6-7 udah banyak tutup, siapa yang mau beli jalannya sepi, kalau dulu bisa sampe malem. Sempat didemo juga ‘jalan ini sudah mati’. Ya iya sudah mati karena nggak ada yang berani lewat,” ucapnya.

Naseri menjelaskan Kampung Bulak Barat khususnya Jembatan Pesanggrahan ramai dilintasi pengendara karena merupakan jalur alternatif. Jembatan itu diketahui menghubungkan dua kecamatan di Depok yakni Sawangan dan Cipayung.

“Jadi jembatan itu salah satu alternatif buat penyeberangan dan perbatasan wilayah, jadi kalau mau ke Pasir Putih, Sawangan Permai, tempat wisata kolam renang Pasir Putih, jadi ramai. Sekarang muter semua orang, termasuk saya,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, banjir di Bulak Barat, Cipayung Depok telah terjadi selama berbulan-bulan. Pemkot Depok disebut berencana membebaskan lahan warga di sekitar bantaran kali yang kerap terdampak banjir.

(idn/idn)

Membagikan
Exit mobile version