Jumat, Juni 28


Jakarta

Pelawak Azis Gagap memiliki bisnis jual-beli hewan kurban. Masa-masa sibuknya sering terjadi menjelang Idul Adha.

Rupanya, bisnis ini sudah dilakukannya sejak 14 tahun yang lalu. Bukan karena sepi job, ia menjalani usaha ini berawal dari hobinya mengurus hewan.

“Memang hobi, bisa dijadikan lahan usaha, sudah 14 tahun,” kata Azis Gagap saat ditemui di Studio Trans 7, Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2024).


Meskipun begitu, tak mudah baginya merintis bisnis ini. Banyak rintangan yang harus dihadapi hingga pada akhirnya menjadi seorang juragan sapi seperti sekarang.

“Banyak ya, misal kalau sakit mau nggak mau kita potong, belum sampai Idul Adha ada yang sakit, terpaksa kita potong lagi, pernah habis setengah kandang,” terang Azis Gagap.

Pelawak yang pernah tergabung dalam Opera Van Java itu mewanti-wanti orang-orang yang ingin melakoni bisnis baru agar terlebih dulu mempelajari ilmunya jika tak mau merugi besar.

“Soal usaha itu bukan cuma modal, tapi kita perlu juga ilmunya,” tutur Azis Gagap.

Pemilik nama lengkap Muhammad Azis itu beruntung memiliki teman-teman yang bersedia membantunya belajar merawat sapi hingga pada akhirnya usahanya itu berjalan sampai sekarang.

“Belajar saja tanya-tanya teman, gimana cara rawatnya, gimana cara biar nggak sakit-sakit lagi. Proses itu mahal, lewat kegagalan-kegagalan sampai akhirnya ada hasil yang baik,” pungkasnya.

Simak Video “Top 5: Kondisi Terkini Kate Middleton hingga Ruben Onsu-Sarwendah Cerai
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/mau)

Membagikan
Exit mobile version